Keberagaman Budaya Indonesia: Inilah Suku Asli yang Ada di Sumatera Selatan

Keberagaman Budaya Indonesia: Inilah Suku Asli yang Ada di Sumatera Selatan

Keberagaman Budaya Indonesia: Inilah Suku Asli yang Ada di Sumatera Selatan--Net

BACA JUGA:8 Gerakan Ekor Kucing Yang Harus Diketahui Untuk Mengetahui Perasaannya!

BACA JUGA:Bisa Kaya Dan Sukses, Ini 5 Weton yang Punya Titisan Darah Biru Menurut Primbon Jawa!

1. Suku Pasemah


Suku Pasemah-Instagram-@tomtomkidz

Suku Pasemah adalah suku yang mendiami wilayah kabupaten Empat Lawang, kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, dan di sekitar kawasan gunung berapi yang masih aktif, gunung Dempo Kota Pagar Alam. 

Suku bangsa ini juga banyak yang merantau ke daerah-daerah di provinsi Bengkulu.

Menurut sejarah, suku ini berasal dari keturunan Raja Darmawijaya (Majapahit) yang menyeberang ke Palembang (pulau Perca). Suku ini banyak yang tersebar di pegunungan Bukit Barisan, khususnya di lereng-lerengnya. 

Menurut mitologi nama Pasemah berasal dari kata Basemah yang berarti berbahasa Melayu. Hasil utama masyarakat suku ini ialah kopi, sayur-sayuran dan cengkeh dengan makanan pokoknya ialah beras.

BACA JUGA:9 Negara Rekomendasi Untuk Ide Liburan Musim Dingin Bersalju Asia!

BACA JUGA:Tertinggi dan Atap Indonesia! Inilah Fakta Jaya Wijaya Gunung Bersalju Membentang di Tanah Papua

2. Suku Semendo


Suku [email protected]

Suku Semendo berada di Kecamatan Semendo, Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan. Menurut sejarahnya, suku Semendo berasal dari keturunan suku Banten yang pada beberapa abad silam pergi merantau dari Jawa ke pulau Sumatera, dan kemudian menetap dan beranak cucu di daerah Semendo.

Hampir 100 persen penduduk Semendo hidup dari hasil pertanian, yang masih diolah dengan cara tradisional. Lahan pertanian di daerah ini cukup subur, karena berada kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut. 

Ada dua komoditi utama dari daerah ini : kopi jenis robusta dengan jumlah produksi mencapai 300 ton per tahunnya, dan padi, dimana daerah ini termasuk salah satu lumbung padi untuk daerah Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: