Fakta Unik Gunung Masurai Yang Tak Diketahui Pendaki, Salahsatunya Seven Summit Sumatera

Fakta Unik Gunung Masurai Yang Tak Diketahui Pendaki, Salahsatunya Seven Summit Sumatera

PAGARALAMPOS.COM - Menyebut nama Gunung Masurai, ternyata salasahltu seven summit Sumatera. Selain, Gunung Leuser, Dempo, Kerinci, Kemiri, Bandahara, dan Talamau..

Pesona Masurai, benar benar menyajikan pesona alam yang indah. Berlokasi di Kecamatan Merangin, Kota Jambi gunung ini sama tenarnya dengan Gunung Kerinci. Dibalik itu, gunung tak aktif ini menyimpan fakta yang menjadi keunikan dan misteri.

Berlokasi persis di Lembah Masurai, kawasan ini termasuk dalam Kawasan Hutan Konservasi, khususnya Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Terletak di  barat daya kota Bangko, sekitar 110 km jauhnya, gunung ini memiliki dua  danau vulkanik, yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabuk.

BACA JUGA:Eksplorasi Pesona Gunung Sago, Menyelami Keindahan Dataran Tinggi Sumatera Barat

Di balik gunung ini terdapat banyak aliran sungai yang mengalir keluar.


Foto : Gunung Masurai.-Fakta Unik Gunung Masurai Yang Tak Diketahui Pendaki, Salahsatunya Seven Summit Sumatera-Google.com

Dikenal  banyak orang dan masyarakat dengan nama Aliran Batang Tembesi, aliran ini terletak di lereng utara gunung ini.

Selain irigasi, juga menjadi sumber penghidupan masyarakat desa yang tinggal dan  tinggal di  kaki gunung ini, termasuk desa-desa di Kecamatan Sungai Tenang.

Batang Tembesi merupakan salah satu sungai utama diantara sekian banyak sungai yang mengalir ke sungai utama provinsi Jambi atau dengan kata lain sub DAS Batanghari.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Gunung Bromo yang Miliki Kisah Mistis Menarik!

Selain itu,  ada  beberapa aliran sungai serupa dengan yang terletak di selatan.

Sebab itu pula keberadaan sumber mata air yang bersumber dari gunung ini sangatlah dijaga keberadaan dan kelestariannya.

1. Kalderanya Membentuk Danau Vulkanik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: