Ternyata Inilah Peran Penting Udang yang Baik untuk Kesehatan

Ternyata Inilah Peran Penting Udang yang Baik untuk Kesehatan

Ternyata Inilah Peran Penting Udang yang Baik untuk Kesehatan -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Udang adalah makanan laut yang populer dengan banyak manfaat kesehatan. Dikenal dengan ciri khas tubuh yang tersegmentasi, cakar, kemampuan berenang dengan ekor, dan kaki khusus untuk berenang, Udang juga kaya akan nutrisi seperti yodium dan antioksidan.

Indonesia memiliki sumber daya perairan yang kaya akan udang, dan selain sebagai lauk, udang juga dapat diolah menjadi berbagai produk olahan seperti terasi atau kerupuk.

Udang memiliki keunggulan dalam hal konsumsi yang luas dan harga yang terjangkau dibandingkan dengan kepiting atau lobster.

Dalam bahasa Inggris, udang dibedakan menjadi dua istilah, yaitu shrimp dan prawn, dengan karakteristik fisik yang berbeda. Meskipun begitu, banyak orang sulit membedakan keduanya.

BACA JUGA:Mengenal Detoks dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Kamu Wajib Tau! Inilah Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Sedang Travelling

Udang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan rendah kalori, serta mengandung vitamin dan mineral yang beragam. Kandungan merkuri di udang juga rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak dalam batas yang wajar.

Berikut adalah 5 manfaat kesehatan udang yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu menurunkan berat badan

Tinggi protein dan kandungan vitamin D serta zat besi dalam udang dapat membantu meningkatkan hormon leptin dalam tubuh, yang dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

Kandungan yodium dalam udang juga dapat mempercepat metabolisme, membantu dalam penurunan berat badan.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

2. Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

  • Kandungan astaxanthin dan asam lemak omega-3 dalam udang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan. Omega-3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi risiko plak pada pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: