Finlandia Pesan Sisu GTP 4×4, Begini Penampakan Rantis Lapis Baja Multi-Purpose di Medan Tempur

Finlandia Pesan Sisu GTP 4×4, Begini Penampakan Rantis Lapis Baja Multi-Purpose di Medan Tempur

PAGARALAMPOS.COM - Nama rantis dari Skandinavia ini mengingatkan pada judul film berlatar perang dunia kedua – “Sisu” yang dirilis tahun 2022. Dan juga berasal dari Finlandia.

Rantis Sisu GTP 4×4 produksi Sisu Auto belum lama ini telah resmi dipesan oleh Kementerian Pertahanan Finlandia.

Produksi rantis lapis baja 4×4 modular dengan kualifikasi mine-resistant ambush protected (MRAP) terasa mengejutkan, pasalnya Finlandia jarang terdengar dalam produksi rantis lapis baja ringan.

Sebelumnya pada 27 Desember 2023, Menteri Pertahanan Finlandia Antti Häkkänen menyetujui permintaan Angkatan Bersenjata Finlandia untuk membeli 13 kendaraan off-road Sisu GTP 4×4, dengan perkiraan biaya sekitar 9,7 juta euro, tidak termasuk pajak pertambahan nilai.

BACA JUGA:Ukraina Diperkuat Rantis Lapis Baja Senator 4×4 Ke-1000, Penampaknya Seperti Ini

Akuisisi ini terjadi setelah Angkatan Bersenjata Finlandia sebelumnya membeli total 31 unit Sisu GTP 4×4 pada periode 2020 hingga 2022.

Sisu GTP 4×4 dibangun pada sasis truk Mercedes Unimog dan rantis ini memiliki desain yang modular, menawarkan konfigurasi kendaraan serba guna dan pengangkut personel lapis baja (APC).


Foto : Rantis lapis baja.-Finlandia Pesan Sisu GTP 4×4, Begini Penampakan Rantis Lapis Baja Multi-Purpose di Medan Tempur-Indomiliter.com

Diperkenalkan pada tahun 2019, Sisu GTP 4×4 adalah rantis lapis baja 4×4 yang dirancang dan diproduksi oleh Oy Sisu Auto Ab.

Salah satu fitur utama Sisu GTP 4×4 adalah desainnya yang sangat modular, yang memungkinkan berbagai konfigurasi operasional sambil mempertahankan struktur inti yang konsisten.

BACA JUGA:Tangguhnya Sakhar 4×4, Rantis MRAP Produksi Perancis Dengan Sasis Tatra T815

Hal ini dicontohkan dalam kemampuannya untuk dilengkapi dengan body serba guna yang dapat menampung 2+2 atau 2+3 awak atau Armored Personnel Carrier (APC) body.

Ranpur ini mampu membawa 2+8 awak. Konfigurasi ini dapat dipertukarkan, bahkan dalam kondisi lapangan.

Sisu GTP 4×4 menekankan pada perlindungan kru, dengan basis perlindungan balistik STANAG 4569 dan opsi untuk meningkatkan ketahanan terhadap berbagai ancaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: