Penyerapan Anggaran Pagar Alam Capai 87 Persen

Penyerapan Anggaran Pagar Alam Capai 87 Persen

Penyerapan Anggaran Pagar Alam Capai 87 Persen -Net-Istimewa

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - PJ Wako Pagaralam, Lusapta Yuda Kurnia SE menyampaikan, untuk saat realisasi penyerapan anggaran per 21 Desember 2023 senilai 87 persen dari total anggaran Rp 1, 038 T , tentunya di akhir tahun ini bisa capai 100 persen.

Kita yakin untuk penyerapan anggaran untuk program pembangunan di Kota Pagaralam bisa terealisasi 100 persen di akhir Desember 2023 setelah tutup tahun anggaran, hal ini diungkapkan Pj Wako Lusapta Yudha Kurnia, saat sidak di sejumlah SKPD, kemarin. 

Menurut dia, saat ini semua dalam proses pengajian untuk pencairan sebagai bukti jika di akhir tahun 2023 semua anggaran bisa terserap semua. 

"Kita yakin di akhir Desember 2023 anggaran akan terserap 100 persen dari semua program yang sudah di jalankan SKPD, hal ini menjadi bahan evaluasi bagi setiap kegiatan yang sudah dilakukan oleh setiap OPD" kata dia. 

BACA JUGA:Gandeng BSIP Kembangkan Lahan Enteres Robusta Klon Unggul, Pagar Alam Masuk Segitaga Emas Robusta Nasional

"Bulan Desember ini satuan kerja telah berupaya melakukan percepatan pelaksanaan anggaran dengan mengacu target anggaran 80 hingga 87 persen pada Triwulan III Bulan Desember, " ujarnya. 

Untuk merealisasikan diatas 80 persen pada akhir bulan Desember Wako Lusapta mengimbau agar seluruh satker harus menyerap semua anggsran yang sudah diprogtamkan di tahun 2023.

"Dengan terealisasikan target penyerapan tersebut maka akhir Desember serapan anggran diproyeksikan mencapai 100 persen," imbuhnya.

Dia mengingatkan setiap satker memperhatikan Aspek Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang terdiri dari kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan, kepatuhan terhadap regulasi, efektivitas pelaksanaan kegiatan dan efesiensi pelaksanaan kegiatan.

BACA JUGA:Bawaslu Ajak Polri Perkuat Kolaborasi, Cegah dan Tangani Pelanggaran Pemilu di Medsos, Fokusnya Money Politik

"Hal ini dilaksanakan dalam rangka mencapai realisasi kinerja anggaran yang optimal, sehingga apa yang kita targetlan biasa tercapai, " ungkapnya.

"Dari pagu 1.038.519.248.312 dan telah terealisasi sebesar 800 miliar," paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Daflis Jhoni SE mengatakan, semua kegiatan sudah berjalan sesuai dengan harapan tinggal menunggu penyelesaian yang dilakukan pihak ketiga sebagai pelaksana. 

"Sebagain kegiatan sudah hampir selesai 100 persen bahkan pihak ketiga sudah mulai melakukan proses pencairan dan penyerapan anggaran untuk saat ini dilingkup Dinas PUPR sudah mencapai 70 persen," kata dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: