Filosofis dan Penuh Makna, Berikut Rumah Adat Papua Unik dan Khas

Filosofis dan Penuh Makna, Berikut Rumah Adat Papua Unik dan Khas

Filosofis dan Penuh Makna, Berikut Rumah Adat Papua Unik dan Khas-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Papua merupakan wilayah paling Timur dari Indonesia yang terkenal dengan kecantikkan alam. Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang keindahan Raja Ampat atau lautan birunya, tapi tentang keunikan rumah adat Papua.

Papua memiliki beragam suku adat, yang membuat daerah ini punya berbagai macam bentuk rumah adat.

Masyarakat Papua hidup selaras dengan alam sehingga mereka mengandalkan alam untuk bertahan hidup. Awalnya, mereka masih tinggal di sekitar hutan dengan berteduh di bawah pohon-pohon besar. Kemudian mereka belajar untuk membangun sebuah rumah adat Papua yang terinspirasi dari sarang burung. 

Orang-orang Papua mengamati kebiasaan burung untuk membuat sarang di atas pohon. Mereka kemudian mencoba untuk membangun hunian yang dapat melindunginya dari cuaca panas dan hujan. Semua materialnya diambil dari alam, seperti rumput, balok kayu, dan tali rotan. 

BACA JUGA:Tradisi Perkawinan Sedarah Firaun, Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman budayanya di dunia. Salah satu bentuk dari keberagaman budaya itu adalah PAPUA merupakan wilayah bagian paling Timur Indonesia yang terkenal akan keindahan alam dan memiliki keunikan pada pakaian adat, yakni koteka atau holim, serta pada rumah adat asli. 

Mungkin rumah adat Papua yang diketahui oleh kita adalah rumah honai. Namun, ternyata masih terdapat beberapa rumah adat lainnya yang perlu kita ketahui. 

Berbicara soal budayanya, Papua punya keragaman dan keunikan tersendiri yang telah menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri bagi Papua. Ragam budaya dan keunikan Papua ini dapat dilihat melalui rumah-rumah adatnya.

Nah, di bawah ini sudah rangkumkan informasi lengkap seputar berbagai rumah adat Papua beserta dengan gambar dan penjelasannya. Papua adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Nugini bagian barat atau west New Guinea.

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Papua juga mendapat predikat sebagai provinsi paling luas di Indonesia dengan luas wilayah mencapai 319.036,05 kilometer persegi.

Luas wilayah Papua setara dengan 16,64 persen seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: