Deretan Peninggalan Paling Bersejarah Dari Kerajaan Sriwijaya, Ini 10 Daftarnya!

Deretan Peninggalan Paling Bersejarah Dari Kerajaan Sriwijaya, Ini 10 Daftarnya!

Deretan Peninggalan Paling Bersejarah Dari Kerajaan Sriwijaya, Ini 10 Daftarnya!-tangkapan layar-hotel murah indonesia

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan kunno dan salah satu kerajaan maritim yang pernah berdiri di Pulau Sumatera dan mempunyai pengaruh besar di kepulauan se-nusantara adalah Kerajaan Sriwijaya.

Wilayah kekuasaannya terbentang dari Kamboja, Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa Barat dan mungkin Jawa Tengah.

Asal nama Sriwijaya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu “Sri” yang berarti cahaya dan “Wijaya” yang berarti kemenangan.

Ada berbagai macam Peninggalan Paling Bersejarah Dari Kerajaan Sriwijaya.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau! inilah Penyebab Munculnya Maa Ikan di Tangan dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan isi prasasti di kota Kapur, konon kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke-7 M  oleh Dapuntahyang Sri Jayanasa.

Kisah pendirian Kerajaan Sriwijaya termasuk sebagai yang sulit dipecahkan dikarenakan sumber yang tersedia tidak menjelaskan struktur genealogis yang rapi anta raja – raja Sriwijaya.

Pada Prasasti Kedukan Bukit dan Prasasti Talang Tuo menjelaskan bahwa Dapunta Hyang adalah raja pertama dari Kerajaan Sriwijaya. 

Pada Prasasti Kedukan Bukit menjelaskan bahwa Dapunta Hyang melakukan perjalanan dengan 20 ribu tentara dari Minanga Tawan ke Palembang, Jambi, dan Bengkulu. 

BACA JUGA:Ini Sosok Makam Misterius di Puncak Gunung Sumbing, Benarkah Tokoh Terkenal di Jawa?

Pada perjalanan tersebut, Dapunta Hyang mampu menaklukkan daerah – daerah strategis untuk perdagangan Sriwijaya.

Prasasti Kota Kapur dari Pulau Bangka menjelaskan bahwa Sriwijaya diperkirakan telah menguasai Sumatera bagian selatan, Bangka, Belitung hingga Lampung. 

Peristiwa ini bersamaan dengan keruntuhan Kerajaan Tarumanegara dan Kerajaan Kalingga yang diperkirakan runtuh akibat serangan Sriwijaya.

Raja – Raja Kerajaan Sriwijaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: