Catat! Begini 5 Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Ikut Kontes, Yoiii Gas

Catat! Begini 5 Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Ikut Kontes, Yoiii Gas

murai batu-Kolase by Pagaralampos.com-net

Pastikan ia selalu berada di suasana penuh pepohonan. Dengan begitu kamu juga bisa membuatnya tidak mudah stres sehingga menghasilkan kicau yang berkualitas.

4. Mengatur Pola Makan Yang Baik

Kicau yang baik berasal dari burung yang sehat. Burung yang sehat tentunya mendapatkan pola dan porsi makan yang seimbang dan sehat. 

Memberikan makanan yang teratur dapat memastikan ia mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Biasanya pemberian makan dilakukan setelah dimandikan. 

BACA JUGA:Banyak yang BelumTahu! Wow Keren, Ini 7 Energi Cakra Pada Baik Untuk Tubuh Manusia

Biasanya burung Murai diberikan pakan jangkrik dengan porsi yang cukup, disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Letakkan makanan di wadah agar burung bergerak setelah mandi. 

Berikan di pagi dan sore hari. Kamu bisa memvariasikan pemberian makanan, misalnya dengan menambahkan cacing atau kroto sebagai nutrisi tambahan. 

Jangan berlebihan dalam memberikan makanan karena bisa membuat burung jadi terlalu gemuk. Berikan juga akses air bersih (gunakan air matang) di wadah minum untuk burung.

5. Melatih Atau Melakukan Pemasteran

Agar bisa menyiapkan burung Murai Batu milikmu tentunya kamu butuh melatihnya. Melakukan pelatihan atau pemasteran sangat penting agar burung pintar berkicau dengan merdu. 

BACA JUGA:Keajaiban Burung Enggang Indonesia Sebagai Simbol Kebesaran Kehidupan Suku Dayak, dan Keanekaragaman Alam

Melatih Murai Batu rajin berkicau bisa dilakukan dengan memutar master suara merdu burung lain. Kemudian perdengarkan suara tersebut pada burung selama 15 menit. 

Lakukan proses ini secara berulang, sebab walau burung Murai Batu pandai meniru, ia tetap harus terbiasa dengan suara master tersebut.

Kapan waktu pemasteran yang baik? Lakukan tiap pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore setiap hari. Pada rentang waktu tersebut dipercaya lebih mudah bagi burung untuk menangkap suara master.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: