Singapura Miliki Alutsista Hanud Termodern di Asia Tenggara, Miliki SAMP/T Beramunisi Rudal Aster 30

Singapura Miliki Alutsista Hanud Termodern di Asia Tenggara, Miliki SAMP/T Beramunisi Rudal Aster 30

Foto : Alutsista yang memperkuat sistem Hanud Singapura.-Singapura Miliki Alutsista Hanud Termodern di Asia Tenggara, Miliki SAMP/T Beramunisi Rudal Aster 30-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Bicara tentang sistem rudal pertahanan udara (hanud), maka Singapura menjadi yang termodern di kawasan Asia Tenggara.

Resmi mengoerder sistem hanud jarak menengah SAMP/T yang berisikan rudal Aster 30 pada tahun 2013, unit perdananya tiba pada tahun 2018.

Dan mencapai tingkat kesiapan operasianal awal pada tahun 2020, dan pada 29 November 2023, Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) merayakan pencapaian status Kemampuan Operasional Penuh – Full Operational Capability (FOC) sistem hanud Aster 30 SAMP/T.

Pembelian sistem Aster 30 SAMP/T diumumkan pada tahun 2013 dan merupakan keputusan strategis untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara Singapura.

BACA JUGA:Pangkostrad Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura

Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Singapura memperoleh dua baterai SAMP/T dan 200 rudal Aster 30 dengan nilai kontrak sekitar €651 juta (US$805 juta).

Dalam satu baterai Aster 30 SAMP/T terdiri dari command and control vehicle, radar Arabel, dan enam unit peluncur alias Transporter Erector Launcher (TEL) vehicles dengan truk MAN TG 8×8. Setiap unit TEL terdiri dari delapan rudal Aster 30 yang dapat di-reload.


Foto : Alutsista yang memperkuat sistem Hanud Singapura.-Singapura Miliki Alutsista Hanud Termodern di Asia Tenggara, Miliki SAMP/T Beramunisi Rudal Aster 30-Indomiliter.com

Setiap unit peluncur (TEL) ke radar Arabel dapat di setting hingga jarak koneksi 10 km. Arabel merupakan jenis radar 3D phased array untuk peran surveillance, tracking and missile guidance.

Radar Arabel beroperasi di 8 sampai 13 Ghz X band (I/J band) dengan kemampuan mendeteksi 100 sasaran secara simultan dari jarak 100 km.

BACA JUGA:Pangdam Jaya Terima Kunjungan Atase Angkatan Darat Republik Singapura

Pencapaian FOC sisten hanud Aster SAMP/T dirayakan di Komando Pertahanan dan Operasi Udara RSAF, yang terletak di Kamp II Lim Chu Kang. Acara tersebut turut dihadiri Menteri Senior Negara Pertahanan. Heng Chee How.

Aster 30 SAMP/T yang merupakan peningkatan signifikan dari rudal Raytheon MIM-23 Improved HAWK yang sebelumnya digunakan hanud Angkatan Udara Singapura, menandai era baru dalam pertahanan udara bagi Singapura.

Kemajuan teknologi militer Singapura ini bukan hanya merupakan bukti komitmen negara tersebut terhadap pertahanan namun juga merupakan langkah signifikan dalam menjaga stabilitas dan keamanan kawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: