Tidak Perlu Mekanik Profesional, Ini 5 Langkah Sederhana Cek Kiprok Motor Anda

Tidak Perlu Mekanik Profesional, Ini 5 Langkah Sederhana Cek Kiprok Motor Anda

Tidak Perlu Mekanik Profesional, Ini 5 Langkah Sederhana Cek Kiprok Motor Anda--

BACA JUGA:Keamanan Terdepan, Ini Merk Ban Motor Paling Berkualitas, Cek Lengkapnya Disini!

Umumnya, gejala motor yang brebet ini memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, Namun, jika kondisi karburator atau injektor masih bagus dan normal maka kemungkinan besar tegangan yang dihasilkan oleh kiprok mulai tidak stabil.

Bila Anda mengalami kondisi seperti ini, usahakan untuk sesegera mungkin melakukan pengecekan ke bengkel, Karena, kerusakan seperti ini bisa dipicu oleh banyak faktor yang potensi deteksinya lebih mudah dikenali jika dilakukan oleh mekanik di bengkel.

Lampu Utama Sering Berkedip-Kedip saat Digas

Untuk menerapkan tips mendeteksi kerusakan kiprok motor, Anda juga bisa mengecek kondisi lampu utama.

BACA JUGA:Jadikan Petualangan Anda Aman dan Nyaman, Ini Rekomendasi Merk Ban Motor Berkualitas!

Cobalah dan teliti, apakah cahaya pada lampu utamanya stabil atau tidak. Jika tidak, maka akan menunjukkan lampu yang berkedip-kedip, Cobalah untuk digas supaya Anda lebih tahu mengingat arus ke lampu utama dipengaruhi oleh gas motor.

Bila lampu utama sudah mulai berkedip maka sudah pasti ada sesuatu masalah dalam bagian kiprok dan beberapa sistem kelistrikan lain.

Segera bawa motor ke bengkel untuk dicek kondisi bagian kiprok, Biasanya, untuk pengecekan seperti ini tidak akan memakan waktu yang lama.

Cek Tegangan dengan Multitester

BACA JUGA:Jaga Kampas Kopling Tetap Optimal dengan Ritual Paling Ampuh Ini, Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Di samping itu, salah satu cara atau tips mendeteksi kerusakan kiprok dalam motor adalah dengan mengecek tegangan menggunakan alat multitester.

Umumnya, alat seperti ini dimiliki oleh beberapa bengkel, Namun, jika Anda memiliki alat ini maka bisa dilakukan pengecekan secara mandiri.

Caranya cukup mudah, yaitu tempatkan kabel berwarna merah dari multitester ke kabel merah positif. Sedangkan, untuk kabel hitamnya disematkan ke kabel negatif.

Bila sudah sesuai, selanjutnya nyalakan mesin dari sepeda motor Anda, Kemudian, gas dengan perlahan-lahan sampai mencapai sekitar 3000 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: