Inilah 7 Daftar Nama Gunung yang Unik dan Miliki Sejarah yang Menarik

Inilah 7 Daftar Nama Gunung yang Unik dan Miliki Sejarah yang Menarik

Inilah 7 Daftar Nama Gunung yang Unik dan Miliki Sejarah yang Menarik -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Secara geografis, Indonesia berada di jalur pertemuan dua lempeng benua, sehingga tak mengherankan jika kita punya banyak gunung berapi. 

Secara lebih detail, terdapat zona subduksi lempeng yang memanjang di wilayah barat Pulau Sumatera, selatan Pulau Jawa, sampai Selatan Pulau Timor. Di zona inilah banyak gunung berapi aktif yang bermunculan.

Khususnya di Sumatera, gunung apa saja hadir, baik yang aktif maupun sudah tak aktif? Mulai dari Gunung Leuser hingga Gunung Kaba. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan 14 gunung yang populer didaki di Sumatera.

BACA JUGA:Punya Sejarahnya, Mengupas 7 Gunung yang Memiliki Nama Unik di Indonesia

Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sebagai negara kepulauan, Indonesia tak hanya memiliki pantai-pantai yang indah, tapi juga gunung-gunung yang menjulang tinggi.

Membentang dari Sabang sampai Merauke, apakah Anda tahu letak gunung tertinggi di Indonesia? Jika belum, mari mengupas deretan gunung tertinggi di Indonesia yang layak Anda jajal.

 Indonesia, negara kepulauan dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan alam yang memesona tapi juga menyimpan kisah menarik di balik nama-nama gunungnya. 

BACA JUGA:Dobrak Pasar Motor Listrik, Polytron Kenalkan Fox R, Murah Begini Penampakannya

Dalam perjalanan mendaki gunung, kita tak hanya dihadapkan pada tantangan trek pendakian yang menantang, tetapi juga dapat menemukan tanaman-tanaman langka dan sejarah menarik di setiap langkah kita.

1. Gunung Sikunir: Keemasan di Puncak Dieng

Gunung Sikunir, yang terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, memiliki keistimewaan berupa Golden Sunrise yang sangat memukau. 

Nama "Sikunir" diambil dari "Kunir," merujuk pada warna keemasan gunung saat matahari terbit, mirip dengan warna kunir, tanaman obat atau minuman herbal.

BACA JUGA:Dominasi 7 Model Rambut Pendek Wanita Paling Ngetrend 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: