Pintu Helikopter UH-1 Dalam Perang Vietnam Kerap Dibuka Saat Terbang, Ini Alasannya

Pintu Helikopter UH-1 Dalam Perang Vietnam Kerap Dibuka Saat Terbang, Ini Alasannya

PAGARALAMPOS.COM - Era perang Vietnam membawa pengaruh dalam perkembangan militer global. Dalam aspek yang mobilitas udara.

Msalnya, terdongrak peran helikopter legendaris Bell “Huey” UH-1 Iroquois yang menjadi ujung tombak infanteri Angkatan Darat Amerika Serikat dalam menjangkau medan Vietnam yang menantang.

Nah, dari debut UH-1 yang kental sebagai ‘trade mark’ dalam film perang Vietnam, tahukah Anda, mengapa helikopter tersebut (hampir) selalu terbang dengan pintu geser terbuka?

Dari sejarahnya, pada tahun 1958, Huey pertama dikirim ke Vietnam dan digunakan oleh penasihat AS dalam misi evakuasi medis (medevac).

BACA JUGA:Jerman Enggan Setujui Melego Eurofighter Typhoon Kepada Turki, Kabarnya Karena Alasan Ini

Dan ketika Perang Vietnam berkecamuk pada tahun 1960, Angkatan Darat AS (US Army) mengintegrasikan helikopter ke dalam operasinya yang lebih luas dan memperluas peran platform tersebut jauh melampaui medevac.


Foto : Alutsista.-Pintu Helikopter UH-1 Dalam Perang Vietnam Kerap Dibuka Saat Terbang, Ini Alasannya-Indomiliter.com

Huey diandalkan untuk melakukan apa pun yang bisa dilakukan dan kemudian berevolusi dari alat transportasi pasukan dan pasokan.

Hingga mencakup dukungan sebagai elemen bantuan tembakan pada pasukan yang bertempur di darat.

Dari beragam aksi Huey di banyak film Perang Vietnam, digambarkan helikopter terbang dengan pintu terbuka. Lantas, apakah UH-1 benar-benar terbang dengan pintu terbuka seperti yang terlihat di film? Bila benar, apa alasannya?

BACA JUGA:Polri Gelar Doa Bersama, Puncak Cooling System Wujudkan Pemilu Damai

Dikutip theaviationgeekclub yang melansir dari forum quora.com, disarikan beberapa komentar dari prajurit infanteri dan awak Huey kala perang Vietnam, yakni:

1. Gunner (penembak) pada doorgun harus bisa mengoperasikan senjata mereka, yang mengharuskan pintu dalam kondisi terbuka.

2. Bongkar muat di wilayah operasi jauh lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: