Mengungkap Sejarah Penemuan Kuno Berusia 8.000 Tahun Di Dasar Danau Di Albania

Mengungkap Sejarah Penemuan Kuno Berusia 8.000 Tahun Di Dasar Danau Di Albania

Mengungkap Sejarah Penemuan Kuno Berusia 8.000 Tahun Di Dasar Danau Di Albania-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Begitu banyak Sejarah di dunia ini yang berhasil mengejutkan para ilmuwan dengan semua penemuan-penemuannya. 

Salah satu sejarah yang cukup unik yaitu ada di Desa Kuno Albania, memiliki Peradaban di Dasar Danau.

Bahkan dari Penemuan ini, sebuah desa kuno di dasar danau telah mengguncang dunia arkeologi. 

Diketahui Desa ini telah berusia jutaan tahun, yang megisahkan peradaban yang tersembunyi di kedalaman air. 

 Desa ini ditemukan oleh para peneliti selama ekskavasi di Lin, dekat Danau Ohrid, dan terletak di sekitar perbatasan dengan Makedonia Utara. Desa ini dulunya berada di pinggir danau dan merupakan permukiman pinggir danau tertua di dunia yang pernah ditemukan.

Sejarah Desa Purba di Dasar Danau

Desa kuno ini diperkirakan dibangun antara tahun 6000 dan 5800 SM. Desa ini dibangun dalam bentuk panggung dan dikelilingi oleh ribuan benteng berpaku untuk melindungi penduduknya dari ancaman yang tidak diketahui.

Peneliti menemukan desa ini saat melakukan penggalian di Lin, di dekat Danau Ohrid di Albania, yang diyakini sebagai salah satu danau tertua di dunia.

Uniknya Desa Purba

Uniknya, desa ini dikelilingi oleh 100.000 pagar kayu runcing untuk melindungi dari ancaman yang tidak diketahui. Meskipun jenis ancaman yang membuat penduduk desa kuno ini khawatir tidak teridentifikasi dan masih menjadi suatu misteri.

Desa ini diperkirakan berisi sekitar 200-500 orang yang hidup di rumah-rumah berbentuk panggung.

Pentingnya Penemuan

Penemuan desa ini sangat penting karena merupakan salah satu situs arkeologi tertua di Eropa. Desa ini beberapa ratus tahun lebih tua dari 'desa tertua Eropa' sebelumnya yang berlokasi di daerah Mediterania dan Alpen, Italia.

Albert Hafner, ahli zaman Neolitikum Eropa dari Universitas Bern, Swiss, mengatakan bahwa desa ini adalah yang tertua di Eropa berdasarkan penanggalan radiokarbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: