Wow, Inilah 8 Suku Manusia Bertubuh Pendek di Dunia Masqu, No 8 Ada Di Aceh, Indonesia

Wow, Inilah 8 Suku Manusia Bertubuh Pendek di Dunia Masqu, No 8 Ada Di Aceh, Indonesia

suku oni--Net

8 Suku Manusia Bertubuh Pendek di Indonesia dan Dunia
 
PAGARALAMPOS.COM – Beragamnya suku manusia bertubuh pendek di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, menciptakan kisah-kisah menarik dan penuh misteri.
 
Fenomena ini tidak hanya memperkaya keragaman manusia tetapi juga membangkitkan rasa ingin tahu dan kekaguman terhadap adaptasi unik yang dimiliki oleh kelompok-kelompok ini.
 
Kendati beberapa suku menghadapi tantangan seperti penurunan populasi dan hilangnya habitat, keberadaan mereka memberikan sumbangan berharga terhadap sejarah dan warisan budaya manusia.
 
Kesimpulan dari eksplorasi ini adalah bahwa keanekaragaman manusia dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, dan setiap suku memiliki cerita dan karakteristik unik yang pantas dihormati.
 
 
Ada beberapa suku di dunia dan di Indonesia terkenal dengan warganya memiliki tubuh lebih pendek dari masyarakat umumnya atau disebut Kerdil. 

Beberapa suku orang kerdil ini hidup terasing atau masih dilabel primitif dan dipastikan keberadaan mereka bukan mitos semata.

Inilah beberapa suku orang kerdil di berbagai suku dunia termasuk di Indonesia, dilansir dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Jambi, Indonesia, Inilah 7 Objek Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi, Mas Broo
 
1. Suku Oni

Suku ini disebut-sebut sebagai suku manusia kerdil yang ada di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kisah legendaris mengenai suku manusia mini di Indonesia seolah sudah menjadi legenda urban. 

Sebagian meyakini keberadaannya, sebagian yang lain tidak karena sedikit sekali bukti tentang keberadaan mereka.

2. Mbuti

Mbuti atau bambuti adalah sebuah suku yang menempati daerah di sekitar hutan Ituri, Kongo, Afrika. 

Sampai sekarang ini, suku Mbuti berjumlah sekitar 30-40 ribu jiwa yang menggunakan 3 bahasa dalam keseharian, yaitu Efe, Asoa dan Kango.

Suku satu ini pernah menghebohkan Eropa karena pada tahun 1930-an, ada ekspedisi dari Benua Barat mendapati sekelompok orang bertubuh pendek tanpa mengenakan pakaian berkeliaran di sekitar hutan di Kongo. 
 
Setelah diinterogasi, mereka mengatakan bahwa berasal dari suku Mbuti.

BACA JUGA:Jangan Sepelakan Tentang Ketahanan Aki Motor Ini, Dari Harga Hingga Kualitasnya!
 
3. Suku Aka

Hampir seperti Mbuti, orang-orang dari suku Aka atau Bayaka ini juga mendiami daerah di Kongo, Afrika, hanya saja lebih ke tengah dan jaraknya dengan orang-orang Mbuti terpaut puluhan kilometer. 
 
Walaupun begitu, suku Aka juga terkenal sebagai suku cebol yang memiliki ukuran tubuh pendek dari manusia normal.

Perbedaan mendasar dengan suku Mbuti, suku Aka sedikit lebih maju peradabannya dan sudah mengenal modernisasi, tentu saja pakaian, walaupun tidak semua orang memilikinya. 

Pada tahun 2003, UNESCO menetapkan suku Aka sebagai warisan kebudayaan dunia.

BACA JUGA:Menakjubkan, Ini Jejak Sejarah Kapal Terbesar di Indonesia! Ada Apa?
 
4. Djabugay

Djabugay adalah penduduk asli Australia yang sedikit berbeda dengan Aborigin.
 
Perbedaannya terletak pada bentuk fisik orang-orang Djabugay lebih pendek dan hidup di daerah pegunungan dan hutan yang lebat, termasuk di Barron Gorge dan sekitar hutan hujan Queensland.

Kabarnya, orang-orang Djabugay sudah berkurang jauh populasinya karena penyakit dan juga hilangnya habitat asli mereka. 

Diperkirakan, suku Djabugay ini berasal dari daratan Papua sebelum Australia dan Papua terpisah oleh laut.

BACA JUGA:Memilih Ban Motor Terbaik untuk Kenyamanan Berkendara, Ini Merek Terpercaya di Indonesia
 
5. Taron

Taron atau Trone adalah suku cebol yang mendiami wilayah utara Kachin, Myanmar. Populasi suku Taron sampai sekarang sangat menurun drastis dibandingkan dengan beberapa dekade lalu.
 
Bahkan diperkirakan dalam beberapa tahun lagi, suku Taron akan menghilang atau punah dari muka bumi.

Ukuran tubuhnya sangat kecil, yaitu hanya sekitar 129,5 cm saja secara rata-rata yang mana akhirnya oleh UNESCO ditetapkan sebagai “Asian Pygmies.”
 
Menurut sebuah penelitian, suku Taron ini adalah pecahan dari suku Derung yang mendiami wilayah antara Tibet dan Myanmar pada tahun 1880-an.
 
 
6. Warga Desa Yangsi

Di Tiongkok bagian barat daya, Provinsi Sichuan, ada sebuah desa terpencil yang bernama Desa Yangsi yang mana 40 persen masyarakatnya bertubuh kerdil. 

Bahkan dikarenakan banyaknya orang-orang bertubuh cebol ini, tidak sedikit masyarakat luar yang menyebut desa ini dengan nama “Desa Kurcaci.”

Tinggi rata-rata dari orang dewasa yang bertubuh cebol di Desa Yangsi adalah 90 cm dan yang terpendek adalah 60 cm saja. 

Menurut cerita rakyat sekitar, kondisi tersebut disebabkan ulah roh jahat yang sengaja memberikan kutukan kepada leluhur mereka dan terus menimpa anak cucunya hingga sekarang.

BACA JUGA:Navigasi Aman dan Nyaman, Yuk Pahami Pentingnya Memilih Ban Motor yang Tepat, Ini Alasannya!
 
7. Hobit Flores

Memang tidak dapat dikatakan sebuah suku apalagi perkampungan, namun pada tahun 2004 lalu, telah ditemukan sebuah fosil manusia berukuran kecil di Liang Boa, Flores. 

Berdasarkan penemuan fosil ini, penelitian secara terus menerus dilakukan untuk mengetahui jenis apakah tulang belulang yang ditemukan tersebut. 

Apakah dari bangsa kera ataukah memang ada manusia kerdil atau yang disebut hobit pernah tinggal di sana.

Setelah lama melakukan penelitian, akhirnya terungkap bahwa memang fosil tulang tersebut adalah milik manusia yang berukuran lebih kecil dari manusia normal yang mana mendiami daerah tersebut sekitar 200 ribu tahun lalu. 

Para peneliti akhirnya memberikan nama untuk jenis baru ini, yaitu Homo floresiensis.

BACA JUGA:Menginjak Pedal Rem Saat Nyalakan Mobil, Rahasia Keselamatan Mengemudi Mobil Matik, Ini Ulasan Lengkapnya!
 
8. Suku Mante
 
Baru-baru ini ada satu kabar menghebohkan yang disertai foto, yaitu tentang ‘penemuan’ orang kerdil yang diyakini adalah Suku Mante dari Aceh yang dulunya sudah dianggap punah. 
 
Suku satu ini dipercaya merupakan salah satu dari banyaknya suku di Aceh yang menjadi leluhur orang-orang di kawasan Serambi Mekah tersebut.

Menurut cerita suku ini dihuni oleh orang-orang bertubuh pendek dari manusia normal lainnya.

Demikian informasinya, selain diatas juga kemungkinana da kelompok manusia kerdil lainnya di Indonesia dan berbagai belahan dunia. Semoga bermanfaat dan menghibur.
 


 Berita ini sudah terbit di radarmukomuko.disway. dengan judul 8 suku manusia bertubuh pendek di indonesia dan dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: