Tank Tangguh dan Misterius Milik Cina, Begini Penampakan PLZ-05B 155mm Membetot Perhatian Dunia

Tank Tangguh dan Misterius Milik Cina, Begini Penampakan PLZ-05B 155mm Membetot Perhatian Dunia

Foto : Ranpur terbaru Cina.-Tank Tangguh dan Misterius Milik Cina, Begini Penampakan PLZ-05B 155mm Membetot Perhatian Dunia-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah tampil jenis ranpur Infantry Fighting Vehicle (IFV) 8×8 ‘misterius’ yang untuk sementara disebut Type 19, Angkatan Darat Cina kembali membetot perhatian dunia.

Dengan ‘memperlihatkan’ jenis self propelled howitzer (SPH) tracked yang untuk sementara disebut PLZ-05B, lantaran diduga merupakan varian baru dari platform SPH tracked PLZ-05 kaliber 155 mm.

Dari armyrecognition.com yang mengutip sumber dari akun X cvetko35 (20/10/2023), menampilkan postingan foto SPH tracked (roda rantai) terbaru Angkatan Darat Cina dari sebuah kota yang dirahasiakan.

Meskipun informasi resmisulit diperoleh, dari analisa pada foto dan informasi yang tersedia mengungkapkan rincian menarik dan potensi kemajuan dalam kemampuan Cina dalam memproduksi self propelled howitzer.

BACA JUGA:Frigat Kembaran RE Martadinata Class Baru Akan Dipasangi Rudal Hanud VLS RIM-162 ESSM

Dibandingkan dengan pendahulunya, PLZ-05, maka PLZ-05B menampilkan perubahan besar pada sasis dan turret, dengan kemungkinan perombakan berbagai subsistem.

Para analis menekankan bahwa sebutan “PLZ-05B” mungkin bersifat sementara, dan howitzer self-propelled mungkin akan mengadopsi nama yang berbeda di masa depan, mirip dengan IFV Type 19 yang kami sebutkan di awal paragraf.

PLZ-05B mempertahankan kaliber dan panjang laras yang sama dengan pendahulunya, PLZ-05 155 mm.


Foto : Ranpur terbaru Cina.-Tank Tangguh dan Misterius Milik Cina, Begini Penampakan PLZ-05B 155mm Membetot Perhatian Dunia-Indomiliter.com

Namun, aspek yang paling mencolok dari PLZ-05B adalah turretnya yang didesain ulang.

BACA JUGA:Deklarasi Pemilu Damai, Kapolri Tekankan Komitmen Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Bagi sebagian besar sumber, kubah ini tampak berawak, menekankan perpaduan operasi manual dan ketergantungan yang tinggi pada otomatisasi dan teknologi informasi.

Desain turret yang diperbesar telah menimbulkan spekulasi bahwa PLZ-05B mungkin menampilkan turret tak berawak, mirip dengan howitzer self-propelled 2S35 Koalitsiya-SV milik Rusia.

Meskipun hal ini meningkatkan kemampuan bertahan hidup kru, hal ini menghasilkan menara yang lebih besar, yang merupakan kelemahan self propelled howitzer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: