Drone Tempur Sayap Lipat Bayraktar TB3 Sukses Terbang Perdana

Drone Tempur Sayap Lipat Bayraktar TB3 Sukses Terbang Perdana

Foto : Drone tempur.-Drone Tempur Sayap Lipat Bayraktar TB3 Sukses Terbang Perdana-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Baykar Makina terbilang ‘gercep’ (gerak cepat-red) untuk urusan pengembangan drone. Setelah pada 20 Oktober 2023 menuntaskan uji take-off dan landing.

Masih lewat akun X (Twitter), Baykar Makina pada 27 Oktober 2023, mengumumkan peristiwa penting, yakni penerbangan perdana (first flight) drone tempur sayap lipat Bayraktar TB3 telah sukses dilakukan.

Dari keterangan di akun X, Baykar Makina menyebut bahwa Bayraktar TB3 mulai akan ditempatkan di kapal induk/serbu amfibi Angkatan Laut Turki TCG Anadolu mulai tahun 2024.

Sementara itu, tentang penerbangan perdana Bayraktar TB3 berlangsung pada 27 Oktober lalu di Pusat Pelatihan dan Tes Penerbangan Çorlu, yang terletak di barat laut Turki.

BACA JUGA:Terbaru Speks Gahar Nokia, 2300 5G Versi Murah dengan Fitur Canggih

Detail tentang uji terbang perdana tidak disebutkan, namun video yang dirilis oleh Baykar Makina tampaknya menunjukkan drone tersebut telah berada di udara pada ketinggian rendah.

Bayraktar TB3 yang telah dikembangkan selama beberapa tahun dan pertama kali muncul pada awal Maret lalu.

Bayraktar TB3 adalah varian angkatan laut dari Bayraktar TB2 yang telah menyandang predikat battle proven dalam banyak operasi tempur.

Dari segi spesifikasinya, Bayraktar TB3 memiliki lebar sayap 14 meter dan panjang 8,35 meter. Drone ini memiliki berat lepas landas maksimum 1.450 kg dan kapasitas muatan (payload) 280 kg.

BACA JUGA:Anti Gembos, 3 Merek Ban Tubeles Ini Paling Diincar Penggila Motor

Disokong mesin tunggal PD170 berkekuatan 172 tenaga kuda, Bayraktar TB3 punya jangkauan 1.000 mil laut (1.609 km) dan endurance lebih dari dari 24 jam.

Bayraktar TB3 dibekali enam cantelan di bawah sayapnya yang dapat dilipat, memungkinkannya membawa berbagai amunisi termasuk roket berpemandu laser, bom anti-infanteri, dan rudal anti-tank.

Selain kemampuan serangannya, TB3 terutama akan digunakan untuk operasi intelligence, surveillance, and reconnaissance (ISR).

Dikutip dari thedrive.com, Bayraktar TB3 disebut memiliki kemampuan komunikasi di luar garis pandang ( beyond line of sight communications) yang akan memperluas pandangan TCG Anadolu ke wilayah lautan yang luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: