Polandia Perkuat Pertahanan Udara, Datangkan Jet Tempur Ringan FA-50O Pabrikan Korsel

Polandia Perkuat Pertahanan Udara, Datangkan Jet Tempur Ringan FA-50O Pabrikan Korsel

Foto : Pesawat tempur FA-50PL.-Polandia Perkuat Pertahanan Udara, Datangkan Jet Tempur Ringan FA-50O Pabrikan Korsel-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Menteri Pertahanan Nasional Polandia, Mariusz Błaszczak, mengumumkan kedatangan dua pesawat serang ringan FA-50PL baru di pangkalan udara Okęcie di Warsawa, menandai langkah signifikan lainnya dalam memperkuat kemampuan pertahanan udara Polandia.

Dikutip dari defence-blog.com (24/10/2023), Menteri Pertahanan Polandia menyebutm hingga saat ini total pesawat FA-50 telah dikirimkan sebanyak 8 unit, dengan target penerimaan total 12 unit hingga akhir tahun.

Kedatangan pesawat-pesawat ini mewakili investasi yang signifikan dalam infrastruktur pertahanan Polandia, sejalan dengan upaya modernisasi pertahanan negara tersebut dan memperkuat komitmennya terhadap NATO dan keamanan regional.

FA-50, yang dikenal karena keserbagunaan dan fitur-fiturnya yang canggih, akan memainkan peran penting dalam menjaga langit Polandia dan memperkuat pertahanan nasional.

BACA JUGA:Polri Beberkan Jika Fredy dan Keluarganya Kartel Narkoba di Thailand

Polandia telah menandatangani dua kontrak pada tahun 2022 untuk membeli 48 pesawat FA-50 dari Korea Selatan.

Menurut media lokal, dengan masuknya jet tempur ringan FA-50 ke arsenal Angkatan Udara Polandia, maka akan membuka jalan untuk penggantian jet tempur era Soviet, khususnya MiG-29 dan Su-22.

FA-50 pesanan Polandia diketahui telah dan akan mendapatkan sejumlah peningkatan fitur yang dikustomisasi.

Sebut saja, FA-50 Polandia akan dibekali dengan pod intai dan penjejak sasaran dari jenis Sniper Advanced Targeting Pod.

BACA JUGA:Kabareskrim Polri : Peraktik Korupsi Tak Semata Ditingkat Pusat, Juga Merambah Tingkat Desa

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan 34 unit AN/AAQ-33 Sniper Advanced Targeting Pod (ATP) dan peralatan terkait ke Polandia.

Usulan penjualan senilai total US$124,7 juta dipercaya akan meningkatkan efektivitas taktis jet tempur FA-50 yang diperoleh Polandia dari Korea Selatan.

Sesuai fungsinya, targeting pod ini dipasang di pesawat tempur dan bomber, perannya yakni menyediakan identifikasi positif pada sasaran.

Juga pelacakan otonom, pointing koordinat GPS (Global Positioning System) dan panduan untuk presisi pelepasan rudal/bom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: