Google Membawa Inovasi dengan Teknologi Multiple Enabled Profiles (MEP) pada eSIM Android 13, Apa Itu?

Google Membawa Inovasi dengan Teknologi Multiple Enabled Profiles (MEP) pada eSIM Android 13, Apa Itu?

Google Membawa Inovasi dengan Teknologi Multiple Enabled Profiles (MEP) pada eSIM Android 13, Apa Itu?--

PAGARALAMPOS.COM - Ponsel cerdas, terutama yang berbasis Android, terus mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal teknologi.

Salah satu inovasi terbaru yang tengah dikembangkan oleh Google adalah teknologi Multiple Enabled Profiles (MEP) yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua nomor berbeda dalam satu slot eSIM.

Fitur ini diprediksi akan diluncurkan bersamaan dengan rilis OS Android 13 yang dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Teknologi MEP adalah solusi berbasis software yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua profil operator seluler yang berbeda pada satu eSIM, mirip dengan dukungan kartu SIM ganda pada smartphone Android saat ini.

BACA JUGA:Ulang Kejayaan dengan Tunjukkan Kecanggihan Produknya, Nokia 2300 5G 2023 Jadi Best Seller

Saat ini, sistem eSIM hanya mendukung satu profil atau nomor yang aktif dalam satu waktu, meskipun dapat menyimpan beberapa profil secara bersamaan.

Ini berarti jika pengguna ingin menggunakan dua nomor SIM card pada smartphone mereka, perangkat tersebut harus memiliki dua slot eSIM secara terpisah atau mengkombinasikan sistem eSIM dengan SIM fisik.

Teknologi MEP yang dikembangkan oleh Google memberikan solusi atas batasan ini dan memungkinkan pengguna untuk memasang dua profil operator seluler pada satu slot eSIM.

Cara kerja MEP ini melibatkan chip eSIM yang terhubung dengan modem ponsel melalui kabel atau bus. Sayangnya, komponen ini awalnya hanya mendukung satu jalur komunikasi, yang berarti hanya satu nomor SIM yang akan aktif dalam satu waktu.

BACA JUGA:Ini 3 Merk Ban Tubeless Paling Awet Dan Tahan Lama, Wajib Dicobain Nih!

Untuk mendukung eSIM ganda yang keduanya aktif (Dual SIM Dual Standby/DSDS), diperlukan dua bus atau kabel penghubung.

Google mengusulkan sistem MEP yang memungkinkan satu kabel atau bus untuk merutekan dua profil kartu SIM ke modem dari satu slot eSIM, memungkinkan pengguna memiliki dua nomor HP yang berbeda pada satu slot eSIM yang sama.

Teknologi ini juga bersifat kompatibel ke belakang, yang berarti pengguna dengan ponsel eSIM yang mendukung Android 13 dapat mengunduh dua profil operator seluler dalam satu eSIM mereka.

Google telah menguji solusi MEP ini pada smartphone Pixel, yang memungkinkan pengguna mengakses modifikasi dual eSIM melalui aplikasi SIM Manager yang telah disertakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: