PT DI Ekspor Enam Unit NC-212i Pesanan AU Filipina

PT DI Ekspor Enam Unit NC-212i Pesanan AU Filipina

Foto : Pesawat NC 212.-PT DI Ekspor Enam Unit NC-212i Pesanan AU Filipina-Imdomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Lantaran keterbatasan anggaran, tak sedikit jalur pengadaan alutsista di Indonesia dilakukan menggunakan skema pinjaman luar negeri, khususnya dalam akuisisi alutsista strategis bernilai jumbo.

Namun, Indonesia tak melulu menjadi negara peminjam dana. Dalam kasus penjualan pesawat terbang ke negara lain.

Justru Indonesia berlaku sebagai negara pemberi pinjaman kepada negara pembeli, ini dilakukan untuk membantu lancarnya ekspor alutsista produksi dalam negeri.

Seperti yang terbaru dijalankan dalam skema penjualan enam unit pesawat angkut ringan NC-212i varian Military Transport ke Filipina.

BACA JUGA:Densus 88 Tangkap 6 Terduga Teroris di Sumsel dan Kalbar

Dilansir dari siaran pers PT Dirgantara Indonesia (19/10/2023), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Special Mission Vehicle

Kementerian Keuangan RI memberikan solusi pembiayaan untuk ekspor enam unit pesawat terbang NC-212i buatan PT DI yang dipesan oleh Department of National Defense/Armed Forces of Philippines (DND/AFP) Filipina senilai US$79 juta.

Pembiayaan tersebut dilakukan dengan skema Penugasan Khusus Ekspor (PKE) atau National Interest Account (NIA) untuk mendukung industri manufaktur alat transportasi strategis nasional.

Dukungan LPEI tersebut tertuang dalam Penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Ekspor antara LPEI dan PT DI untuk pengadaan enam pesawat NC-212i yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2023 di kantor LPEI, Jakarta.

BACA JUGA:Kapolri Antisipasi Serangan Teroris Selama Pengamanan Pemilu 2024

Direktur Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U. Norhadi menyampaikan bahwa ekspor enam pesawat ini merupakan kebanggaan Indonesia

Karena PT DI dapat memproduksi produk industri strategis yang bernilai teknologi tinggi dan LPEI sebagai instrumen Pemerintah hadir memberikan solusi pembiayaannya.

Pembiayaan yang dilakukan LPEI kepada PT DI merupakan wujud negara hadir untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

"Ekspor pesawat terbang akan meningkatkan reputasi Indonesia di mata global, terutama perusahaan Indonesia yang tergabung dalam industri strategis kedirgantaraan yang sarat dengan teknologi tinggi,” kata Maqin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: