Angkatan Darat Thailand Makin Kuat, Datangkan 12 Unit MBT Norinco VT4 dari Cina

Angkatan Darat Thailand Makin Kuat, Datangkan 12 Unit MBT Norinco VT4 dari Cina

Foto : Tank ranpur-Angkatan Darat Thailand Makin Kuat, Datangkan 12 Unit MBT Norinco VT4 dari Cina-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Angkatan Darat Thailand (Royal Thai Army) selama ini telah mengoperasikan 22 unit Main Battle Tank (MBT) Norinco VT4.

Dan ada kabar bahwa Batalyon 6 Resimen 6 Divisi 3 Angkatan Darat Thailand telah menerima pengiriman 12 unit MBT VT4 terbaru dari Cina.

VT4 adalah varian ekspor dari MBT-3000, yakni MBT produksi Norinco (China North Industries Group Corporation) yang digunakan Angkatan Darat Cina.

Dengan diperkuat MBT VT4 dari Cina, maka Angkatan Darat Thailand mempunyai postur kekuatan kavaleri yang unik.

BACA JUGA:TNI-Polri Dan Parpol Deklarasi Pemilu 2024 Damai

Selain mengoperasikan puluhan MBT VT4 dari Cina, negara yang pernah menjadi sekutu utama AS dalam Perang Vietnam itu, juga masih mengoperasikan MBT lawas asal AS, yakni M60A1 (53 unit), M60A3 (125 unit), dan M48A5 (105 unit).

Selain itu, Angkatan Darat Thailand memiliki 49 unit MBT T-84 Oplot dari Ukraina, dan 50 unit MB Type 69 dari Cina, yang keduanya berada dalam penyimpanan.

Norinco sedari awal menyasar rancangan MBT ini untuk pasar ekspor. VT4 adalah MBT generasi ketiga yang dirancang Norinco.

Dalam model skala, VT4 pertama kali diperlihatkan ke publik saat Eurosatory 2012 di Paris, Perancis. Baru kemudian, prototipe tank ini diperlihatkan saat China International Aviation & Aerospace Exhibition 2014 di Zhuhai, Cina.

BACA JUGA:Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad Bagikan 1.200 Paket Peduli Gizi dan Pendidikan Untuk Anak Anak Papua

Dari sejarahnya, proyek MBT-3000 atau VT4 mulai digagas sejak 2009, dimana Norinco menggandeng First Inner Mongolia Machinery Factory dan beberapa perusahaan lain.

Menggunakan konstruksi baja yang dilas, bobot kotor MBT ini mencapai 52 ton. Bekal senjata yang dibawa VT4 utamanya adalah meriam 125mm smoothbore.

Meriam ini sanggup melepaskan munisi APFSDS, HESH, HEAT, HE sampai rudal anti tank yang punya jarak tembak 5 km.

Pada bagian atas kubah, disiapkan satu pucuk senapan mesin berat 12,7 mm yang dikendalikan secara remote (RCWS). Menyertai pergerakan laras 125 mm, ada satu pucuk senapan mesin sedang coaxial kaliber 7,62 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: