Tiger 4×4 “Mad Max” Telah Beroperasi di Ukraina, Ternyata Begini Ketangguhannya di Medan Tempur

Tiger 4×4 “Mad Max” Telah Beroperasi di Ukraina, Ternyata Begini Ketangguhannya di Medan Tempur

PAGARALAMPOS.COM - Di ajang Army 2023 bulan Agustus lalu, Rusia meluncurkan rantis Tiger (Tigr) 4×4 varian “Mad Max” yang berhasil membetot perhatian.

Dan belum dua bulan berlalu, kini sudah terkonfirmasi ranpur lapis baja Mad Max ini sudah digunakan oleh pasukan Rusia di medan tempur Ukraina.

Menurut informasi di media sosial Rusia tertanggal 9 Oktober 2023, pasukan Rusia di Ukraina menerima varian lapis baja baru Tigr-M SpN yang dijuluki “Mad Max” oleh pengembangnya.

Kendaraan ini memiliki roda yang diperkuat, bagian bodi depan, kaca depan, dan pintu yang dimodifikasi untuk meningkatkan perlindungan.

BACA JUGA:Satgas Yonif 411 Kostrad Patroli Gabungan, Jaga Stabilitas Keamanan di Kenyam Nduga

Tigr-M SpN dapat dipersenjatai dengan Kord 12,7 mm, senapan mesin PKTM 7,62 mm, atau stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) Arbalet-DM.

Inovasi inti dari pengembangan ini adalah pemasangan cepat panel lapis baja tambahan, yang mencakup area vital seperti kaca depan, lengkungan roda, kisi-kisi radiator, dan pintu depan.


Foto : Rantis tiger mad max.-Tiger 4×4 Mad Max Telah Beroperasi di Ukraina, Ternyata Begini Ketangguhannya di Medan Tempur-Indomiliter.com

Armor tambahan meningkatkan ketahanan, membuat kendaraan mampu menahan peluru 7,62 mm, yang merupakan fitur penting untuk perlindungan pasukan dalam skenario konflik intensitas tinggi.

Pemasangan atau pelepasan sistem armor quick-mounting ini diperkirakan memakan waktu kurang lebih 40 menit.

BACA JUGA:Diembargo Kanada, Turki Gunakan Sensor Optik Hensoldt Argos II Dari Jerman

Peningkatan ini dirancang untuk memastikan keselamatan konvoi, memberikan perlindungan pasukan, mendukung misi pengintaian, dan meningkatkan kemampuan tempur dan kemampuan bertahan Tiger-M.

Asal usul pengembangan ini dapat ditelusuri kembali ke 14 Agustus 2023, ketika Kementerian Pertahanan Rusia memesan kendaraan lapis baja Tiger-M SpN dalam jumlah besar.

Varian unik yang terinspirasi dari estetika dalam film Mad Max ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada ajang Army 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: