Aselsen Sukses Uji Serangan Drone Kamikaze Albatros USV Di Laut Mediterania

Aselsen Sukses Uji Serangan Drone Kamikaze Albatros USV Di Laut Mediterania

Foto : Uji coba serangan drone.-Aselsen Sukses Uji Serangan Drone Kamikaze Albatros USV Di Laut Mediterania-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Nama Aselsan di Indonesia dikenal sebagai pemasok torpedo jammer dan decoy untuk kapal selam TNI AL. Dan ada kabar terbaru terkait Aselsan, yakni pada 8 Oktober lalu.

Manufaktur pertahanan asal Turki ini dikabarkan berhasil melakukan uji demonstrasi serangan drone kamikaze laut atau Unmmaned Surface Vehicle (USV) terhadap sasaran kapal di Laut Mediterania timur.

Uji serangan drone di lepas pantai Mersin di Mediterania Timur, melibatkan sekawanan (swarm) drone laut kamikaze – USV Albatros-S yang terdiri dari delapan unit drone.

Sebagai sasaran adalah sebuah kapal berukuran 22 meter, yang mana sebelumnya dilakukan deteksi sasaran lewat udara oleh drone tempur Bayraktar TB2.

BACA JUGA:Angkatan Laut Israel Makin Menggila, Serang Basis Hamas Di Pesisir Jalur Gaza, Gunakan Rudal Naval Spike NLoS

Setelah mendeteksi target dan didapatkan informasi sasaran, maka stasiun kendali mengarahkan kawanan USV ke kapal sasaran.

Setelah pendekatan terakhir, salah satu USV Albatros-S yang khusus dilengkapi dengan hulu ledak melakukan serangan ke sasaran dan mengenainya. Setelah ledakan, target dilaporkan tenggelam dalam beberapa menit.

Uji coba tersebut disaksikan oleh komandan Angkatan Laut Turki, bersama dengan Kepala Badan Pertahanan Turki dan CEO Aselsan dari Markas Besar Angkatan Laut Turki di Ankara.

Uji coba ini mendemonstrasikan konsep serangan kawanan USV kamikaze untuk pertama kalinya di dunia dengan operasi gabungan USV-UAV (drone udara).

BACA JUGA:Pengamanan KTT AIS Forum 2023 Berjalan Aman dan Lancar

Albatros-S USV mendukung unmanned surface vessel swarm system dengan tingkat otonomi yang tinggi, mampu menavigasi dan melakukan tugas dalam formasi kawanan yang tidak bergantung pada kendali pusat.

Albatros-S mampu melakukan formasi kawanan drone yang berbeda dan memiliki kemampuan untuk melanjutkan misinya melawan penurunan gerombolan dengan menghindari rintangan bergerak atau diam.

Aselsan meluncurkan proyek Swarm USV untuk pertama kalinya selama pameran IDEF 2021 yang diadakan di Istanbul pada Agustus 2021 dan memamerkan model skala Albatros-S USV-nya.

Swarm USV adalah proyek akuisisi teknologi dan dapat dilakukan tidak hanya dengan USV Albatros-S tetapi juga dengan USV lain yang sedang dikembangkan di Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: