Kamu Harus Tau! Inilah Manfaat Olahraga Tai Chi untuk Kesehatan

Kamu Harus Tau! Inilah Manfaat Olahraga Tai Chi untuk Kesehatan

PAGARALAMPOS.COM - Pada dasarnya Tai Chi merupakan seni bela diri yang berasal dari Tiongkok. Namun seiring berjalannya waktu, Tai Chi kini dijadikan sebagai olahraga olah raga kesehatan.

Seperti yoga dan pilates, tai chi merupakan salah satu bentuk meditasi bergerak yang membutuhkan ketenangan dan konsentrasi.

Olahraga yang satu ini diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah mengurangi masalah kecemasan atau stres.

Yuk kenali lebih jauh apa itu tai chi dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh pada artikel berikut ini!

BACA JUGA:Smartphone Terjangkau Cuma 2 Jutaan, 6 Pilihan Terbaik untuk 2023

Manfaat kesehatan dari Tai Chi. Berikut  beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda nikmati:

1. Memiliki manfaat sama seperti aerobik

Meski identik dengan gerakan yang lembut, Tai Chi juga memiliki gerakan-gerakan yang membutuhkan kecepatan dan kekuatan. Beberapa gerakan Tai Chi tersebut memiliki manfaat yang setara dengan aerobik.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih Tai Chi secara rutin dan teratur mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Riset lain menyebutkan bahwa olahraga ini bisa menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh.

BACA JUGA:Mudah dan Cepat! Cara Klaim Asuransi Non Kendaraan di Lippo Insurance

Berdasarkan kedua hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa rutinitas melakukan Tai Chi memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan jantung dan penurunan risiko penyakit jantung. Tai Chi juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Hal ini karena Tai Chi dapat membantu memperbaiki kadar gula darah dan sistem kekebalan tubuh pada penderita diabetes tipe-2. Hanya saja, pastikan latihan yang dilakukan disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Manfaat Tai Chi lain yang tidak boleh dilewatkan adalah potensinya untuk mengatasi stres. Beberapa penelitian juga menyebut bahwa olahraga ini bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi dan memelihara kesehatan mental.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan Tai Chi, terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti sedang hamil, pernah mengalami patah tulang, menderita sakit punggung, hernia, osteoporosis, atau memiliki masalah persendian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: