Menyisakan Sejarah Lampau! Inilah Penemuan Bersejarah Lampu Kuno Era Majapahit

Menyisakan Sejarah Lampau! Inilah Penemuan Bersejarah Lampu Kuno Era Majapahit

Menyisakan Sejarah Lampau! Inilah Penemuan Bersejarah Lampu Kuno Era Majapahit-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Jelajahi sejarah dari masa Majapahit, lampu kuno menjadi saksi kerajaan nusantara.

Legenda mengatakan bahwa kerajaan tersebut pernah menaklukkan seluruh nusantara, peninggalannya tentu sangat berharga.

Sebuah penemuan sejarah dan budaya ditemukan di Lamongan, yaitu sebuah lampu kuno yang berasal dari  Kerajaan Majapahit.

Penemuan lampu kuno ini diberi nama “Prasasti Sawen Sendangrejo”. Penemuan ini pun membuat warga di Lamongan, Jawa Timur harus pindah. Lokasi persis peninggalan ini ditemukan di Dusun Sawen, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.

BACA JUGA:Taukah Kamu? Inilah Sosok Ratu Cantik Nan Pemberani, Ratu Tribhuwana Tunggadewi Penguasa Kerajaan Majapahit

Pengamat sejarah dan budaya Supriyo menjelaskan, lampu antik ini ditemukan sekitar tahun 1930 di dalam  kendogo (wadah) yang menyerupai penanak nasi. Dengan ciri  tinggi 24 cm dan panjang rantai 44 cm, lampu antik ini terbuat dari bahan perunggu. .

Saat ini lampu bersejarah tersebut  telah didaftarkan dengan kode 6027 di Museum Nasional Jakarta.

Diketahui pada bagian atap lampu, terdapat bentuk meru dengan aksara Jawa kuno Kwadrat 1270 Saka dan tersemat tulisan “Tan Ala.”

Menurut beberapa ahli sejarah dan budaya, tulisan tersebut “Tan Ala” tersebut dapat diartikan sebagai “tidak ada keburukan atau bencana” atau memiliki makna kemakmuran.

BACA JUGA:4 Ban Motor Terbaik dan Murah, Nomor 3 Harganya Paling Bersahabat!

Lampu kuno ini diperkirakan berasal dari tahun 1270 Saka atau 1348 Masehi, yang dimana saat itu berada pada masa kekuasaan Majapahit di bawah pemerintahan Tribuwana Tunggadewi, Raja Majapahit ke-3.

Di masa lalu, gambar dari lampu kuno ini pernah menjadi seri kartu pos yang diterbitkan oleh Museum Royal Society Of Batavia di bidang Seni dan Sains, pada bulan Juli 1937.

Dengan adanya penemuan ini, tentunya memberikan kesan menarik dan bangga bagi wilayah Kecamatan Ngimbang, khususnya Desa Sendangrejo.

Dari Penemuan ini pula menunjukkan, bahwa adanya situs atau jejak arkeologi yang berasal dari masa kejayaan Kerajaan Airlangga hingga Majapahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: