Jadi PJ Walikota Lusapta Yuda ingin Kembangkan Potensi Kota Pagar Alam

Jadi PJ Walikota Lusapta Yuda ingin Kembangkan Potensi Kota Pagar Alam

Jadi PJ Walikota Lusapta Yuda ingin Kembangkan Potensi Kota Pagar Alam --Net

BACA JUGA:Kapolres Pagar Alam Jalin Silaturahmi Kepada Pengurus PCNU dan Muhammadyah Wujudkan Pemilu 2024 Damai

Ia menyebut, Pj kepala daerah harus bisa menjalankan tiga unsur utama. Pertama, menjadi pemimpin pemerintahan, kedua pembangunan dan infrastruktur dan terakhir pemimpin bagi masyarakat.

"Kemudian Pemerintahan juga harus berjalan dengan kondusif," ujar Deru. Ia meminta, kebijakan yang dibuat oleh Pj harus punya berdampak positif kepada masyarakat.

"Jangan serta merta mudah tanda tangan sesuatu hal, apalagi yang berdampak negatif terhadap individu, komunitas atau wilayah dalam kepemimpinan pemerintahan," tambahnya.

Dalam pembangunan di daerah, ia meminta agar Pj bisa melaksanakannya dengan baik. "Pembangunan harus berjalan sesuai dengan keuangan daerah, visi misi dan TPJMD yang ada," katanya.

BACA JUGA:Program BERKAT Resmi Dilaunching Herman Deru, Warga Sumsel Berobat Cukup Gunakan KTP

Kesantunan di tengah masyarakat, juga harus menjadi patokan ketika bersama rakyat. "Ojo dumeh, ingay bahwa saudara akan kembali ke habitat menjadi ASN kembali usai menjadi Pj," cetusnya.

Dalam kepemimpinan Pj ini, ia menyebut ada tantangan berat pada 2024 mendatang. Menurutnya, tahun politik akan banyak pemilihan, yakni Pileg, Pilkada dan Pilpres.

"Untuk itu, Pj harus punya sikap tegas dan cerdas serta menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku," bebernya.

Untuk menjaga kestabilan politik di wilayah masing-masing, Pj harus bisa berkomunikasi dengan Forkopimda dalam menjaga ketertiban masyarakat, ketahanan negara dan penegakan hukum.

BACA JUGA:Gubernur Herman Deru Resmi Kukuhkan Kepala BPKP Provinsi Sumsel yang Baru Sofyan Antonius

Ia juga berharap Pj selalu berkomunikasi dengan pejabat sebelumnya untuk berbagi ilmu pengetahuan soal daerah.

"Dan yang sudah masuk rest area (kepala daerah habis masa jabatan), bisa memberikan ilmu terbaiknya kepada Pj," kata Deru.

Selain PJ walikota Pagaralam, ada 6 bupati-walikota yang juga dilantik secara bersamaan oleh Gubernur Sumsel. 

Ada Ratu Dewa yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang sekarang dilantik menjadi (PJ) Wali Kota Palembang untuk menggantikan pejabat sebelumnya yaitu Harnojoyo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: