Ternyata Ini Ciri-ciri Busi Motor Mulai Lemah, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Ternyata Ini Ciri-ciri Busi Motor Mulai Lemah, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Ternyata Ini Ciri-ciri Busi Motor Mulai Lemah, Berikut Penjelasan Lengkapnya!--

PAGARALAMPOS.COM – Anak motor wajib tahu dengan kendala – kendala yang bakal terjadi pada motornya, termasuk pada busi motor, ini 6 tanda busi motor sudah mulai lemah versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.


Berbagai langkah dalam memelihara motor tentu saja menjadi hal penting yang sudah sepantasnya dipahami sekaligus diterapkan oleh para pemiliknya.

Tentu saja, hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam mencegah terjadinya masalah berupa kerusakan pada motor. Sehingga, kerusakan parah pun bisa diminimalisir.

Salah satu aspek penting dalam menjaga performa motor adalah dengan mengenali ciri kerusakan pada setiap komponen. Seperti tanda busi motor sudah lemah.
BACA JUGA:Ada Apa Dengan Wisata Bukit Jempol? Bukit Unik di Lahat Sumatera Selatan
Dimana, tak jarang yang memahami gejala busi lemah pada motor. Padahal, jika dibiarkan saja maka busi tak akan mampu beroperasi sebagaimana mestinya.

Sebagai salah satu komponen utama, khususnya dalam fungsinya di ruang pembakaran, sudah jadi hal wajib untuk memahami kondisi busi pada motor Anda.

Karena, efek tidak ganti busi motor yang rusak sudah pasti nantinya akan memicu berbagai masalah yang lebih parah.

Maka dari itu, sebelum sampai rusak parah, disarankan untuk mengenali berbagai ciri awal yang menunjukkan adanya kerusakan pada busi motor Anda.
BACA JUGA:Tekankan Pengelola Destinasi Wisata Perhatikan Manajemen Keramaian Saat Libur, Ini Pesan Menparekraf!
Nah, untuk mengenal lebih jauh terkait kendala pada busi tersebut, berikut ciri atau tanda busi motor sudah lemah sebagai referensi bagi Anda dalam merawat kendaraan roda dua.

Ciri Busi Motor Mulai Lemah

Ada beberapa gejala yang mungkin tidak Anda sadari terkait dengan gejala kerusakan pada busi motor. Berikut pemaparan lengkapnya.

Mesin Motor Sering Brebet
BACA JUGA:Siapin Budgetmu Buat Liburan! Ini Dia Rekomendasi Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Mataram
Di sisi lain, aspek lain yang jadi ciri melemahnya busi motor juga bisa ditandai dengan gejala mesin yang tiba-tiba brebet tanpa alasan.

Ciri seperti ini tentu saja kemungkinan terjadi disebabkan missed fire atau kekurangan percikan api dalam ruang bakar alias silinder.

Dimana, faktor pemicunya tak lain dari kinerja busi yang mulai menurun kualitas kinerjanya. Atau, ujung busi tertutup oleh kerak akibat dari rembesan oli yang terbakar sehingga membuat proses pembakarannya menjadi berkurang.

Selain itu, kondisi mesin brebet ini juga seringkali terjadi saat motor sedang dikendarai di jalanan. Ibaratnya seperti motor yang akan kehabisan bensin.
BACA JUGA:Murah! 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Pagar Alam yang Populer, Berapa Biayanya?
Mesin Motor Sulit Dihidupkan

Mesin motor Anda sulit dihidupkan, maka itu merupakan tanda awal adanya kerusakan pada busi motor.

Bukan tanpa alasan mengingat dalam hal ini, busi pada motor menjadi salah satu komponen utama dalam proses pembakaran untuk menyalakan mesin.

Jika kemampuan busi sudah melemah maka proses pembakaran pun juga akan kurang maksimal. Sehingga menyebabkan mesin motor pun sulit untuk dihidupkan.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Tak hanya itu, gejala mesin motor yang sulit dihidupkan pun juga menjadi pertanda bahwa bisa jadi adanya masalah di area busi.

Suara Mesin Motor Kasar

Tak sampai di situ saja, gejala busi motor melemah bisa juga ditandai dengan suara mesin kotor yang mulai kasar.

Gejala seperti ini tentunya kurang lebih memicu masalah dalam proses berkendara yang akan mengganggu pengendara.
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Yang mana, suara mesin motor kasar menandakan proses pembakaran di ruang bakar bermasalah karena dari busi yang minta untuk diganti.

Ujung Busi Gosong

Selain itu, untuk memastikan bahwa busi motor melemah, Anda juga bisa melihat dari kondisi ujung busi yang mulai tampak seperti gosong dan tidak bisa dibersihkan.



Ujung kepala busi seperti ini menandakan bahwa kondisinya sudah mulai tidak normal karena pembakaran yang terjadi tidak sempurna.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Biasanya, kondisi ujung busi yang gosong seperti ini juga tak lepas dari indikasi adanya kebocoran oli yang masuk atau merembes ke area busi motor.

Dengan begitu, diperlukan proses pengecekan secara lebih detail untuk meyakinkan bahwa busi sudah benar-benar gosong dan sudah tidak layak untuk digunakan. Sehingga, disarankan untuk segera melakukan penggantian busi yang lebih baru.

Tarikan Lemah

Kemudian, gejala lain yang menjadi indikasi petunjuk bahwa ada masalah pada busi motor, yakni bisa diketahui dari tarikan motor yang mulai melemah.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Karena, tak bisa dipungkiri bahwa tarikan motor dipengaruhi dari proses besaran pembakaran. Semakin tarikan digas cepat maka tentu akan membutuhkan kinerja pembakaran yang lebih besar dan cepat.

Jika busi sudah melemah, sudah barang tentu tarikan motor pun akan ikut melemah dikarenakan efek dari kurang sempurnanya pembakaran di ruang bakar.

Motor Terasa Kurang Bertenaga

Tak berbeda dengan akselerasi yang lemah, tanda busi motor yang sudah waktunya diganti bisa juga dicirikan dengan tenaga motor yang terasa sangat lemah. Khususnya saat motor tengah melewati medan menanjak.
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Kondisi seperti ini tak bisa dilepaskan dari efek busi motor yang tentunya sebagai komponen utama dalam pembakaran tak mampu memantik api dengan sempurna.

Dengan demikian maka sudah barang tentu tenaga mesin motor pun menjadi terasa berkurang karena tidak mampu menciptakan percikan api dengan cepat.

Selain dari berbagai tanda di atas, Anda juga perlu tahu bahwa kualitas busi yang digunakan juga berpengaruh pada masa pakai dan performanya dalam ruang pembakaran.

Jika kualitasnya bagus maka busi motor tak akan mudah rusak sekalipun sudah digunakan dalam waktu lama. Sebaliknya, bila businya standar maka kerusakan akan lebih berpotensi terjadi pada motor Anda.
BACA JUGA:Ada Apa Dengan Wisata Bukit Jempol? Bukit Unik di Lahat Sumatera Selatan
Oleh karenanya, sangat disarankan sekali untuk memastikan penggunan busi motor berkualitas guna mencegah terjadinya kerusakan yang lebih cepat. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: