Luar Biasa! Tol Indraprabu Langsung Diminati Pengendara

Luar Biasa! Tol Indraprabu Langsung Diminati Pengendara

Luar Biasa! Tol Indraprabu Langsung Diminati Pengendara--Net

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Meski baru dilakukan sosialisasi secara terbatas, namun antusias masyarakat menggunakan ruas tol Indrala - Prabumulih (Indraprabu) ini cukup tinggi. 

Hal ini dikatakan Gubernur Sumsel Herman Deru saat pertama kali Tap In di ruas jalan Tol Indrapra 

"Hingga saat ini traffic-nya sangat tinggi, sudah 1.000 kendaraan, "kata Deru, Rabu (30/8/2023). 

Deru berharap HK secepatnya menyelesaikan kekurangan ruas tol lainnya agar jalur tol di Sumsel tersambung sesuai dengan konsep Trans Sumatera. 

BACA JUGA:Tutup Festival Rempah Sumsel 2023, Mawardi Yahya Yakin Rempah-Rempah Sumsel Semakin Dikenal Luas

Untuk kelanjutan Muara Enim kita tunggu keputusan BPJT karena kebijakannya ada di pusat. Sedangkan Tol Betung masih dalam progress dan kita tunggu saja penyelesaiannya, tinggal finishing. Mudah-mudahan jalan Tol ini bisa menjawab semua trase jalan yang terkenal macet dan menjadi lebih terurai, " katanya. 

Ia menambahkan, dengan dibuka ruas tol ini akan mengurangi jarak dan waktu tempuh. Termasuk konsumsi BBM kendaraan.z Sehingga, biaya operasional dan logistik diklaimnya akan berkurang.

"Tol ini juga akan mempermurah harga jual produk yang dibawa dari kawasan produksi atau industri menuju pasar," jelas Deru.

Saat ini tarif ruas tol ini masih nol, belum dikenakan biaya sama sekali. Namun, pengendara yang melintas dari Tol Palembang - Indralaya - Prabumulih akan dikenakan tarif di titik akhir. Hanya saja, tarif yang dikenakan untuk jalur Palembang - Indralaya

BACA JUGA:Mawardi Yahya Sampaikan Jawaban Gubernur Terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Sumsel

"Ruas Tol Indralaya - Prabumulih sudah dioperasionalkan dan saat ini belum dikenakan tarif. Namun, mereka yang masuk dari Palembang dan keluar di Prabumulih, hanya akan dikenakan tarif Tol Palindra," ujar Branch Manager Cabang Tol Palembang-Indralaya Syamsul Rijal Hal itu pun berlaku pada jalur sebaliknya, dari Prabumulih - Palembang.

Pihaknya belum mengetahui besaran tarif tol yang akan diberlakukan nantinya. Saat ini, pihaknya masih menunggu Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai tarifnya.

"Masih free, sampai kapannya (tanpa tarif) tergantung dari surat Kementerian PUPR. Begitu pula dengan besaran tarifnya, masih menunggu keputusan," bebernya. 

Ia menjelaskan, ruas tol Indraprabu ini berada dalam kategori luar kota. Sehingga, tak disiapkan lampu penerangan. Lampu penerangan hanya ada di beberapa titik, misalnya di u-turn maupun di jalan bersusun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: