Benarkah Gunung Padang Menjadi Harta Nasional? Artefak Kuno Hingga Logam Mulia Kuno Diteliti Para Arkeolog

Benarkah Gunung Padang Menjadi Harta Nasional? Artefak Kuno Hingga Logam Mulia Kuno Diteliti Para Arkeolog

Benarkah Gunung Padang Menjadi Harta Nasional? Artefak Kuno Hingga Logam Mulia Kuno Diteliti Para Arkeolog -ilustrasi-VOI

PAGARALAMPOS.COM - Banyak Penemuan Logam Mulia Dan Artefak Kuno Berlanjut, Sejarah dan Misteri Gunung Padang Akan Diungkap. 

Benarkah Gunung Padang Menjadi Harta Nasional

Menjadi sebuah Misteri Berkepanjangan dalam Sejarah ini memang bikin kontroversi besar di dunia penelitian.

Gunung Padang ternyata juga merupakan sebuah situs megalitikum yang terletak di sekitar Cianjur, Jawa Barat, telah menjadi pusat perhatian dalam penelitian arkeologi dan geologi.

Berbagai Artefak dan struktur yang menarik, termasuk sebuah benda yang disebut sebagai Kujang Gunung Padang. Namun, temuan ini telah memicu meluasnya kalangan ahli.

BACA JUGA:Perang Selama 700 Tahun Lebih Berkonflik! Ini Daftar Perang Terlama Dalam Sejarah Dunia


--

Seperti Kujang Gunung Padang adalah sebuah benda yang memiliki bentuk mirip senjata, dengan bagian pegangan seperti pinggang dan bagian bilah yang bifasial, artinya kedua sisinya memiliki ketajaman yang sama.

Benda ini terbuat dari batu dan ditemukan di lokasi yang diyakini telah dihuni sejak minimal 5200 SM. Artefak ini menarik perhatian peneliti, terutama karena kemiripannya dengan senjata suku Sunda tradisional, kujang.

BACA JUGA:Bukan Maen! Inilah Daftar Perang Kuno Dengan Durasi Terlama Sepanjang Sejarah

Erick Rizky, seorang peneliti di Gunung Padang, dan DR Ali Akbar, seorang arkeolog dari Universitas Indonesia, awalnya menyebut benda ini sebagai Kujang Gunung Padang.

Namun, pendapat ini tidak diterima secara universal oleh ahli arkeologi dan geologi di luar tim tersebut.

Tim Terpadu Riset Mandiri, yang melakukan penelitian di Gunung Padang, mengajukan dugaan dugaan bahwa situs ini dibangun oleh leluhur bangsa ini sejak 11.000 tahun lalu, pada zaman dahulu.

Pernyataan ini mendapat dukungan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang menyatakan bahwa Gunung Padang muncul ribuan tahun sebelum Masehi dan memiliki nilai sejarah yang lebih besar daripada Candi Borobudur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: