Temukan Logam Mulia Seberat 3 Ton di Gunung Padang, Para Arkeolog Teliti Penemuan Tersebut Peninggalan Siapa?

Temukan Logam Mulia Seberat 3 Ton di Gunung Padang, Para Arkeolog Teliti Penemuan Tersebut Peninggalan Siapa?

Temukan Logam Mulia Seberat 3 Ton di Gunung Padang, Para Arkeolog Teliti Penemuan Tersebut Peninggalan Siapa? -Foto: net-

BACA JUGA:Gajah Mada X Ratu Majapahit! Bersama Sumpah Palapa Mengawali Kejayaan Untuk Menyatukan Nusantara

Mereka menemukan pecahan tembikar, logam seperti koin dan pisau, serta batu yang memiliki bentuk mirip kujang. DR Ali Akbar berpendapat bahwa batu tersebut merupakan artefak buatan manusia zaman lampau.

Permukaan batu dipangkas dan digosok hingga halus, sesuai dengan teknik pembuatan yang dikenal oleh masyarakat prasejarah.

Tim ini percaya bahwa batu tersebut adalah artefak yang ditinggalkan oleh leluhur pendiri Gunung Padang.

Namun, Lutfi Yondri, seorang ahli arkeologi dari Balai Arkeologi Bandung, memiliki pandangan yang berbeda. Menurutnya, batu yang ditemukan oleh Tim Nasional tersebut bukanlah artefak.

BACA JUGA:5 Ritual Suami Istri ini Sangat Aneh, Salah Satunya Ada Ritual Hubungan dengan Dukun

Pendapatnya didasarkan pada perbandingan dengan hasil penelitian ahli di berbagai belahan dunia.

Menurutnya, bangsa kita di masa lalu memang mengalami kejayaan sesuai dengan zaman dan masa budayanya, tetapi posisi tentang peradaban Gunung Padang yang jauh lebih tua dari peradaban lain di dunia perlu dipertimbangkan dengan hati-hati.

Selain itu, Sujatmiko, seorang ahli geologi, juga memesona temuan ini. Dia menyatakan bahwa pendapat tentang batu tersebut mengandung serat kawat tidak masuk akal.

Menurutnya, batu tiang Gunung Padang terbuat dari basaltis yang secara teoritis mengandung unsur besi dan magnesium dalam jumlah yang signifikan.

BACA JUGA:Sedap e Ngga Bohong, Ini 5 Tradisi Aneh Suku di Indonesia

Oleh karena itu, bintik-bintik oksida besi yang terlihat di permukaan batu tersebut bukanlah hal yang aneh. Baginya, hipotesis bahwa batu tersebut adalah hasil alami lebih masuk akal daripada artefak buatan manusia.

Perdebatan antara ahli arkeologi dan geologi mengenai Kujang Gunung Padang dan peradaban Gunung Padang yang lebih tua masih berlanjut.

Untuk mencari jawaban yang lebih pasti, benda tersebut perlu menjalani uji pemindaian di laboratorium.

Hasil dari uji pemindaian ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang asal-usul dan signifikansi artefak ini, serta tentang sejarah situs Gunung Padang secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: