Berbahaya untuk di Daki! Ini 5 Fakta Menarik Gunung Denali

Berbahaya untuk di Daki! Ini 5 Fakta Menarik Gunung Denali

Berbahaya untuk di Daki! Ini 5 Fakta Menarik Gunung Denali-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Denali, juga dikenal sebagai Gunung McKinley, adalah sebuah Gunung yang terletak di negara bagian Alaska, Amerika Serikat.

Denali adalah puncak tertinggi di benua Amerika Utara dengan ketinggian 6.190 meter di bawah permukaan laut.

Selain itu, gunung tersebut merupakan pusat Taman Nasional dan Cagar Alam Denali yang terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya. 

Yuk simak beberapa fakta menarik gunung denali sebagai berikut:

1. Gunung tertinggi ketiga dari kelompok tujuh puncak benua

Dalam kategori kelompok gunung tujuh puncak benua, dengan ketinggian 6.190 mdpl, Denali merupakan gunung tertinggi ketiga di kelompok tersebut.

BACA JUGA:Selain Jadi Tempat Wisata, Gunung Padang Menjadi Lokasi Peninggalan Harta Zaman Purba! Ada Logam Mulia Loh

Pendaki yang ingin mendapat predikat seven summiteer atau pendaki tujuh puncak benua harus mampu mendaki dan mencapai puncak Denali.

2. Terbentuk dari aktivitas tektonik di masa lalu

Dilansir Britannica, Denali pada dasarnya adalah sebuah blok batu granit raksasa yang terangkat secara tiba-tiba dari perut bumi selama periode aktivitas tektonik yang dimulai pada sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Namun, sebagaimana dilansir Livescience, meskipun telah lama diyakini bahwa wilayah pegunungan Alaska yang mayoritas membentang di bagian wilayah selatan- tengah dibentuk oleh aktivitas tektonik, namun itu tetap menjadi misteri hingga saat ini karena jaraknya lebih dari 500 km dari pantai selatan Alaska, yang menjadi sumber terdekat dari aktivitas geologi pembentukan gunung.

BACA JUGA:Menjadi Tujuan Wisata, Inilah 10 Fakta Tentang Gunung Prau Yang Harus Diketahui!

Sebuah pemodelan 3D yang dibuat oleh program komputer canggih akhirnya dapat menjelaskan bagaimana pola yang tidak biasa dalam patahan di kerak bumi membentuk wilayah pegunungan di Alaska.

3. Dipuncaki pertama kali pada tahun 1913

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: