Mengungkap Misteri Gunung Padang, Peneliti Temukan Koin Kuno Abad ke-52 SM di Situs Gunung Padang

Mengungkap Misteri Gunung Padang, Peneliti Temukan Koin Kuno Abad ke-52 SM di Situs Gunung Padang

Mengungkap Misteri Gunung Padang, Peneliti Temukan Koin Kuno Abad ke-52 SM di Situs Gunung Padang -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Penemuan peninggalan berupa koin dan artefak di situs Gunung Padang mengungkap sejarah yang diperkirakan berusia ribuan tahun sebelum masehi.

Tim pencari nasional dari kawasan Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat telah menemukan koin logam kuno yang menarik minat para peneliti di seluruh dunia.

Temuan seperti ini di situs Gunung Padang menunjukkan potensi arkeologis yang sangat besar, dan setiap penemuan barang antik selalu menjadi kontroversi di kalangan ilmuwan.

Ali Akbar, wakil presiden kelompok arkeologi nasional, menjelaskan bahwa koin kuno yang ditemukan terbuat dari logam tembaga dan diyakini berasal dari sekitar tahun 5200 SM.

BACA JUGA: Bew, 5 Suku di Indonesia ini, Miliki Tradisi Ritual Adat yang Tabu dan Tak Lazim, Simak Yuk Ceritanya!

Penemuan ini dilakukan pada 15 September 2014 dan menjadi bukti nyata keberadaan peradaban masa lampau di situs Gunung Padang. Karena di sana, Gunung Padang juga dikaitkan dengan mitos peradaban Atlantis yang hilang. Di sisi lain, situs ini merupakan peninggalan yang dibangun melalui peradaban. 

Yuk kita simak, temuan di Situs Gunung Padang yang menyimpan misteri.

Menurut Juru Pelihara Gunung Padang dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang, Nanang, benda ini ditemukan di sekitar parit di teras lima.

"Lalu saya ambil saja dan ternyata logam yang berbentuk koin," kata Nanang, dikutip salahsatu sumber laman.

Nanang mengatakan ukuran logam berbentuk koin itu sangat kecil menyerupai uang Rp 25.

BACA JUGA:Gunung Padang Berusia 13 Hingga 23 Ribu Tahun, Peneliti Temukan 3 Ton Logam Mulia Dan Hal Ini!

Di kedua sisi logam tersebut terdapat huruf atau aksara timbul.

Namun belum bisa dipastikan aksara yang timbul itu merupakan huruf dari suku, bangsa, dan negara tertentu di zaman tertentu.

Juga ditemukan artefak, artefak yang menyerupai senjata Kujang yang diduga peninggalan budaya masyarakat di sekitar situs Gunung Padang ini memiliki ukuran panjang 20 cm dengan berat sekitar 0,5 kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: