6 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

PAGARALAMPOS.CO - Sejak dahulu manfaat daun sirih sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan

Daun sirih banyak digunakan untuk obat herbal. Tanaman sirih sendiri banyak tumbuh di Indonesia. 

Memiliki manfaat beragam, daun ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri. Ada dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai yakni daun sirih hijau dan sirih merah.

 Keduanya sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 

berikut 6 manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh :

BACA JUGA:5 Tradisi Unik Atau Aneh Malam Pertama di Indonesia, Mau Tau Tak, Simak Yuk!

1. Mengobati jerawat

Tersumbatnya pori-pori akibat produksi minyak berlebihan adalah pemicu utama jerawat di wajah. Nah, air rebusan daun sirih bisa menjadi solusi atas permasalahan jerawat kamu.

Caranya dengan membasuh muka menggunakan air rebusan sirih. Kandungan tanin, flavonoid, dan saponin dalam tanaman ini bersifat anti bakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat.

2. Mengatasi gatal di area kewanitaan

Sifat antibakteri dalam daun ini mampu mencegah bacterial vaginosis yang menyebabkan gatal-gatal di area kewanitaan. Untuk membasmi bakteri tersebut, basuh bagian luar vagina menggunakan rebusan sirih.

BACA JUGA:Para Ahli Dunia Penasaran Dengan Sejumlah Penemuan di Gunung Padang Ini! Ini Dia Temuannya

Namun, hindari menggunakan rebusan sirih dalam jangka panjang karena dapat mengubah pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, periksakan diri ke dokter

3. Mengobati diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: