Temukan Koin Kuno Berusia 5200 SM Terpendam di Situs Gunung Padang, Benarkah yang Tertua?

Temukan Koin Kuno Berusia 5200 SM Terpendam di Situs Gunung Padang, Benarkah yang Tertua?

Temukan Koin Kuno Berusia 5200 SM Terpendam di Situs Gunung Padang, Benarkah yang Tertua?--

PAGARALAMPOS.COM - Temukan Koin Kuno Berusia 5200 SM Terpendam di Situs Gunung Padang, Benarkah yang Tertua?

Temuan koin kuno dan artefak di Situs Gunung Padang ternyata merupakan benda kuno.

Temuan tersebut, diperkirakan telah berusia ribuan tahun sebelum masehi. Artefak berbentuk koin logam yang ditemukan Tim Nasional Peneliti Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat.

Jadi, Situs Gunung Padang ternyata penuh dengan kekayaan arkeologis. Satu persatu benda kuno peninggalan peradaban masa lampau itu terangkat. Dan jadi kontroversi peneliti dunia.

BACA JUGA:Berikut Sederet Temuan Peradaban Purba Situs Gunung Padang, Yuk Disimak Kamu Pasti Penasaran

Wakil Ketua Timnas Bidang Arkeologi, Ali Akbar, mengatakan koin kuno itu berupa logam terbuat dari perunggu yang diperkirakan berasal dari masa 5.200 sebelum Masehi itu ditemukan pada Senin, 15 September 2014.

Sebab, situ Gunung Padang juga dikaitkan dengan mitos peradaban Atlantis yang hilang. Lain sisi, situs ini merupakan peninggalan yang dibangu lintas peradaban.

Yuk kita simak, temuan di Situs Gunung Padang yang menyimpan misteri.

Menurut Juru Pelihara Gunung Padang dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang, Nanang, benda ini ditemukan di sekitar parit di teras lima.

BACA JUGA:Masih Misteri! Belum Diketahui Peningalan Bangsa Apa Benda Purba di Gunung Padang! Simak Cerita Lengkapnya

"Lalu saya ambil saja dan ternyata logam yang berbentuk koin," kata Nanang, dikutip salahsatu sumber laman.

Nanang mengatakan ukuran logam berbentuk koin itu sangat kecil menyerupai uang Rp 25.

Di kedua sisi logam tersebut terdapat huruf atau aksara timbul.

Namun belum bisa dipastikan aksara yang timbul itu merupakan huruf dari suku, bangsa, dan negara tertentu di zaman tertentu.

BACA JUGA:Pesona Indah Lembah Harau! Ternyata Memiliki Misteri Hingga Kisah Yang Begitu Pilu

Juga ditemukan artefak, artefak yang menyerupai senjata Kujang yang diduga peninggalan budaya masyarakat di sekitar situs Gunung Padang ini memiliki ukuran panjang 20 cm dengan berat sekitar 0,5 kilogram.

"Secara kasat mata dan kata ahli geologi, batu itu memang artefak," kata Nanang.

Menurut Wakil Ketua Timnas Bidang Geologi, Danny Hilman, artefak itu masuk periode megalitik.

"Itu merupakan bukti penting bahwa yang membangun situs Gunung Padang sudah mengenal teknologi untuk merombak batuan karena yang terjadi itu tidak semuanya alamiah," kata Danny.

BACA JUGA:Pesona Indah Lembah Harau! Ternyata Memiliki Misteri Hingga Kisah Yang Begitu Pilu

Danny belum bisa memastikan fungsi dari artefak yang menyerupai Kujang tersebut.

Belum lama ini juga, dikutip Kabar Cirebon pada tanggal 3 Juli 2023, benda-benda purbakala yang ditemukan di Situs Gunung Padang saat ini sedang dikumpulkan oleh para arkeolog.

Salah satu temuan yang ditemukan adalah logam seperti mata uang yang terbuat dari perunggu.

Ukuran koin kuno tersebut sekitar 1,7 cm dengan permukaan yang didominasi warna hijau. Ketika diperbesar dengan kaca pembesar, permukaan koin berelief sosok manusia.

BACA JUGA:Cegah Hotspot, Kapolres Pagar Alam Lakukan Sambang Karhutla

Selain itu, terdapat juga 84 ukiran lingkaran dengan diameter 0,11 milimeter pada permukaan koin. Koin-koin ini ditemukan dari kedalaman 11 meter di bawah puncak situs.

Berdasarkan hasil uji karbon, diduga koin-koin tersebut berusia ribuan tahun sebelum Masehi. Beberapa orang berpendapat bahwa koin-koin ini mirip dengan mata uang Belanda.

Namun, argumentasi yang lebih kuat menyatakan bahwa koin-koin tersebut bukanlah alat tukar. Melainkan amulet logam yang memiliki kekuatan magis.

Selain koin-koin tersebut, juga ditemukan beliung persegi, kapak batu, dan batu yang mirip dengan kujang. Namun, belum ditemukan fosil hewan purba atau manusia purba.

BACA JUGA:5 Tradisi Dari Suku Indonesia Ini Bikin Tercengang! Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Temuan batu serupa juga ditemukan di Kampung Empang dan Kampung Ukir yang berjarak sekitar 500 meter di sebelah tenggara Situs Gunung Padang.

Meskipun demikian, temuan-temuan yang ada di Situs Gunung Padang memberikan petunjuk yang kuat tentang peradaban manusia pada masa Megalitikum atau Zaman Batu Besar.

Berdasarkan bentuk dan temuan-temuan di Situs Gunung Padang, dapat diduga bahwa tempat ini merupakan pusat peradaban manusia pada masa Megalitikum atau Zaman Batu Besar.

Meskipun masih banyak misteri yang mengelilingi situs ini, penemuan-penemuan yang terus dilakukan para arkeolog memberikan wawasan yang berharga tentang masa lalu manusia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: