Arkeolog Temukan Kujang Gunung Padang di Situs Megalitikum Tertua

Arkeolog Temukan Kujang Gunung Padang di Situs Megalitikum Tertua -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM -  Situs Gunung Padang Kabupaten Cianjur Jawa barat disebut-sebut sebagai Situs tertua di dunia. Benarkah?

Lalu, harta karun atau benda purba apa saja yang ditemukan di Situs Gunung Padang? Apakah ditemukan juga fosil binatang dan manusia purba?

Lalu, bencana apakah yang membuat masyarakat di zaman tersebut meninggal dunia sehingga Situs Gunung Padang seperti terbengkalai.

Pertanyaan-pertanyaan itu sangat wajar sebagai bentuk rasa penasaran dari riset yang dilakukan para arkeolog dalam mengungkap usia dan perabadan manusia kaitannya dengan pembangunan Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat.

BACA JUGA:Viral, Selain Artefak Kujang, Peneliti Temukan Koin Kuno Berusia 5200 SM Terpendam di Situs Gunung Padang

Artefak ini terbuat dari batu, ditemukan dibagian selatan Teras-5, dan tertimbun cukup dalam.

Artefak mirip senjata khas Jawa Barat ini dinamai‎ “Kujang‎ Gunung‎ Padang”.‎

Benda‎ ini‎ telah‎ diamati‎ dan‎ diperkirakan‎ asli‎ buatan manusia zaman dulu, di mana batunya dipangkas dan dibentuk pada semua permukaan lalu digerinding atau digosok, sehingga menjadi halus permukaannya.

Sebelum prasejarah, teknik tersebut sudah dikenal dan dipergunakan masyarakat luas pada masa lalu.

Selain itu, bentuk benda seperti itu mungkin hanya satu-satunya di dunia.

BACA JUGA:Bikin Merinding! Ternyata Ini Mitos dan Ramalan Misterius Gunung Slamet, Serem Banget

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini

Gunung Padang, sebuah situs megalitikum yang terletak di sekitar Cianjur, Jawa Barat, telah menjadi pusat perhatian dalam penelitian arkeologi dan geologi.

Situs ini menawarkan artefak dan struktur yang menarik, termasuk sebuah benda yang disebut sebagai Kujang Gunung Padang.