Ngeri! Ini Telapak Macan yang Ada di Situs Purba Gunung Padang

Ngeri! Ini Telapak Macan yang Ada di Situs Purba Gunung Padang

Ngeri! Ini Telapak Macan yang Ada di Situs Purba Gunung Padang--

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Padang merupakan situs purba dari era Megalitikum nan fenomenal, di Jawa Barat.

Megalitikum merujuk kepada zaman Batu Besar, yakni salah satu babak di era prasejarah.

Situs Gunung Padang berada di Desa Karya Mukti, Campaka, Cianjur Selatan. Jarak dari pusat Kota Cianjur ke lokasi situs sekitar 33 kilometer.

Dari depan pintu masuk lokasi, pengunjung yang ingin melihat dari dekat situs Gunung Padang perlu meniti anak tangga batu yang jumlahnya sekitar 378 buah.

BACA JUGA:Bikin Geleng-geleng Kepala, Ini Sejarah Batu Macan Gunung Padang

Dilihat dari struktur permukaannya, secara garis besar, Gunung Padang memiliki lima teras. Masing-masing teras memiliki susunan menhir (batu tunggal yang diletakkan berdiri) yang terbuat dari batuan andesit.

Gunung Padang adalah sebuah situs purba yang berasal dari era Megalitikum yang fenomenal di Jawa Barat, Indonesia.

Megalitikum mengacu pada zaman Batu Besar, salah satu babak penting dalam sejarah prasejarah.

Situs Gunung Padang terletak di Desa Karya Mukti, Campaka, Cianjur Selatan, dengan jarak sekitar 33 kilometer dari pusat Kota Cianjur.

BACA JUGA:Bikin Geleng-geleng Kepala, Ini Sejarah Batu Macan Gunung Padang

Saat memasuki lokasi situs, pengunjung akan melewati sederet anak tangga batu sebanyak 378 buah untuk mendekati Gunung Padang.

Secara keseluruhan, Gunung Padang memiliki lima teras yang terlihat dari struktur permukaannya. Setiap teras dilengkapi dengan susunan menhir, yaitu batu tunggal berdiri yang terbuat dari batuan andesit.

Salah satu batu besar yang menarik perhatian pengunjung adalah batu macan. Pada batu tersebut terdapat ukiran yang menyerupai jejak kaki, mirip telapak kaki macan dewasa.

Di dekat batu tersebut terdapat tulisan "Batu Tapak Maung" yang berarti telapak kaki harimau atau macan dalam bahasa sunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: