Distan Pagar Alam Distribusikan 18.103 BIbit Alpukat Miki dan Durian Montong kepada 40 Poktan

Distan Pagar Alam Distribusikan 18.103 BIbit Alpukat Miki dan Durian Montong kepada 40 Poktan

Foto ; bantuan bibit buah diterima poktan di Rebah Tinggi.-Distan Pagar Alam Distribusikan 18.103 BIbit Alpukat Miki dan Durian Montong kepada 40 Poktan-Gusti pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Mendukung Peningkatan Kesejahteraan petani, Dinas Pertanian Kota Pagar Alam mendistribusikan bantuan bibit buah.

Bantuan bersumber dari APBD Kota Pagar Alam melalui suntikan DID tersebut disalurkan secara bertahap kepada 40 kelompok tani.

"Bantuan ini berupa bibt unggul, terdiri dari 9.103 batang bibit Pokat jenis Miki. Dan 9.000 batang bibit Durian montong," ucap Kepala Distan Kota Pagar Alam Dra Suterimawaty MM melalui Kabid Perkebunan Diki Herlambang SP, Rabu (5/7/2023).

Kepada Pagaralampos.com, hari ini dibagikan kepada sejumlah kelompok di Keluran Jambat Akar, dan Rebah Tinggi Kecamatan Dempo Utara.

Diki juga menyebutkan, jika bantuan bibit buah ini ditanam tumpang sari di areal pekebunan kopi, misalnya. "Sebagai pohon peneduh," ucap dia.

BACA JUGA:Kibok Sasaran Lokasi Intensifikasi Tanaman Kopi Arabika Kementan

BACA JUGA:Intensifikasi Tanaman Kopi Arabika di Kibok, Lokasinya Ternyata di Kaki Gunung Dempo

Jadi, keuntungan bagi petani selain bisa memanen kopi, bisa menghasilkan buah buahan.


Foto : Pengecekan ukuran tinggi bibit alpukatnl Mikindi Jambat Akar.-Distan Pagar Alam Distribusikan 18.103 BIbit Alpukat Miki dan Durian Montong kepada 40 Poktan-Gusti pagaralampos.com

Diki menyebutkan, jenis Alpukat Miki sangat bernilai ekonomis. Apa sebab, bayangkan dengan perawatan baik tanaman hortikultira ini satu buah bisa mencapai bobot 1 kg lebih.

Bobotnya memang memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis lokal. Demikian juga dengan durian montong harganya juga tinggi.

"Jadi jika membudidayakan tanaman buah buahan jenis unggul ini bisa menambah pendapatan," katanya.

BACA JUGA:Verifikasi Sejuta Sambung Pucuk Masih Berlanjut

Bantuan bibit buah ini merupakan okulasi bersertifikat. Dari penangkar bibit resmi bersertifikat. Dari Pekalongan, Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: