Benarkah Pendaki Gunung Arjuno Sering Alami Kejadian Aneh di Pasar Setan? Ini Penjelasanya

Benarkah Pendaki Gunung Arjuno Sering Alami Kejadian Aneh di Pasar Setan? Ini Penjelasanya

Ini Kisah Seram Pasar Setan Gunung Arjuno, Tahukah Anda Lokasinya?--

PAGARALAMPOS.COM - Benarkah Pendaki Gunung Arjuno Sering Alami Kejadian Aneh di Pasar Setan? Ini Penjelasanya.

Gunung Arjuno, salah satu gunung paling angker di Indonesia ternyata menyimpan misteri dan sejarah yang menarik.

Banyak pendaki mengaku mengalami kejadian-kejadian aneh di luar nalar akan hal-hal gaib yang di gunung yang terletak di perbatasan antara Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan ini.

Wisata Alam Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan terdapat beberapa jalur pendakian untuk mencapai puncaknya. Jalur pendakian yang terkenal antara lain jalur Lawang, Tretes, dan Batu.

BACA JUGA:Banyak Versi Keberadaan Atlantis, Turki, Mesir dan Indonesia, Siapa Yang benar?

Puncak Gunung Arjuno berada di punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang. Karena itu, kedua gunung ini selalu disebut Arjuno-Welirang dan memiliki keterkaitan satu sama lain.

Menurut catatan sejarah, Letusan terakhir Gunung Arjuno-Welirang terjadi pada 15 Agustus 1952 silam.

Gunung ini diklasifikasikan sebagai stratovolcano, yang berarti merupakan gunung berapi berapi dengan bentuk undangan. Gunung berapi ini terbentuk dari lava dan abu vulkanik yang meleleh.

Menurut legenda setempat, asal muasal atau sejarah Gunung Arjuno terkait dengan tokoh dalam cerita pewayangan, yaitu Arjuna. Arjuna adalah anak laki-laki dari Raja Pandu, pemimpin Kerajaan Hastinapura.

BACA JUGA:Pantai Ngeliyep, Salah Satu dari 4 Pantai Angker Di Jawa Timur

Arjuna memiliki empat saudara dan dikenal sebagai salah satu anggota Pandawa. Untuk mengetahui lebih banyak tentang kisah Pandawa, dapat merujuk pada kitab Mahabharata.

Dalam legenda tersebut, Arjuna adalah anak yang paling sakti dibandingkan dengan empat saudaranya yang lain. Diceritakan bahwa Arjuna adalah inkarnasi dewa Indra yang memiliki kekuatan luar biasa.

Namun, karena kesombongannya, Arjuna ingin memperoleh kekuatan yang lebih besar lagi. Meskipun tak sama dengan Sasuke, namun keinginan Arjuna mirip dengannya.

Akhirnya Arjuna meninggalkan Kerajaan Hastinapura untuk melakukan tapa. Arjuna melakukan perjalanan ke barat hingga menemukan sebuah gunung yang lebat dan sejuk.

BACA JUGA:Ini Sederet Fakta Situs Gunung Padang Sehingga Disebut Sebagai Benua Atlantis Yang Hilang! Simak Penjelasannya

Di sinilah Arjuna bertapa untuk memperkuat kekuatannya.

Arjuna bertapa selama berbulan-bulan, hingga suatu hari ia mendapatkan kekuatan yang luar biasa. Bahkan, dikisahkan bahwa gunung tersebut terangkat hingga menyentuh langit.

Kejadian tersebut membuat para dewa marah. Akibatnya, para dewa yang marah memotong gunung tersebut, yang sekarang dikenal sebagai Gunung Arjuno.

Arjuna yang menyesali perbuatannya, langsung kembali ke Hastinapura.

BACA JUGA:Situs Liyangan, Permukiman Kuno Bersejarah Yang pernah Dikabarkan Hilang Dari Peradaban

Sebagai gunung yang dianggap paling angker di Indonesia, Gunung Arjuno juga menyimpan berbagai kisah horor dan misteri yang belum terungkap.

Terutama, kehilangan seorang pendaki pada bulan Maret yang lalu meninggalkan banyak pertanyaan mengenai adanya hal gaib apa saja di gunung ini.

Salah satu misteri yang paling menakutkan dari Gunung Arjuno adalah Pasar Setan. Menurut cerita yang beredar, lokasi Pasar Setan berada di kawasan Sabana diantara jalur menuju puncak Gunung Arjuno.

Meskipun pasar setan tidak hanya terdapat di Gunung Arjuno, namun keberadaannya tetap menakutkan. Jika ada keramaian di gunung, pasti jantung berdebar.

BACA JUGA:Kejadian Aneh di Pantai Selatan Jawa Orang Hilang, Arus Pecah, dan Mitos Tak Terpecahkan!

Menurut cerita yang beredar, banyak pendaki mencium bau aneh saat atau mendirikan tenda di area yang dikatakan sebagai tempat pasar setan tersebut.

Untung bukan aroma sate maranggi atau ayam bakar. Jika ada, mungkin pendaki akan datang.

Berdasarkan cerita yang beredar di kalangan masyarakat lokal, banyak pendaki yang mendengar suara keramaian di daerah tersebut, meskipun tidak ada orang yang terlihat.

Terlebih lagi, banyak mitos yang menyebutkan bahwa jika terjebak di pasar setan itu, pendaki pasti tidak akan kembali lagi.

BACA JUGA:4 Pantai Terangker di Jawa Timur, No 1 Ada Batu Besar Pintu Masuk Ke Alam Gaib!

Selain itu, banyak pendaki yang mengaku pernah mendengar suara gamelan di Gunung Arjuno. Apalagi suara gamelan tersebut terdengar sangat dekat di telinga.

Namun, bagaimana mungkin ada yang memainkan gamelan di malam hari, terutama di tengah hutan? Sangat menakutkan!

Menurut penduduk setempat, fenomena suara gamelan tersebut disebut "Ngunduh Mantu". Konon, gamelan ini dimainkan sejak zaman kerajaan Singosari dan Majapahit.

Meski banyak gunung yang memiliki misteri serupa, mendengarnya secara langsung di tempat yang sepi pasti akan membuat bulu kuduk berdiri.

BACA JUGA:Ini Sederet Fakta Situs Gunung Padang Sehingga Disebut Sebagai Benua Atlantis Yang Hilang! Simak Penjelasannya

Namun, jika Anda adalah seseorang yang menyukai tantangan dan berani menetapkan aturan, Gunung Arjuno masih merupakan destinasi pendakian yang menarik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: