Dempo Gunung Aktip, Sudah 7 Kali Meletus, Benarkah?

Dempo Gunung Aktip, Sudah 7 Kali Meletus, Benarkah?

Gunung Dempo Juga Gunung aktip-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Dempo slah satu Gunung Aktip yang ad di Indonesia ini berada di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (sumsel).

Gunung Dempo termasuk  salah satu tempat wisata favorit di Sumatera Selatan, karena keindahan alamnya yang sangat asri dan masih banyak belum terjamah tangan-tangan manusia. 

Pesona gunung Dempo yang dikelilingi Kebun teh ini memiliki ketinggian 3.159 Mdpl, dan tidak bisa dipungkiri lagi Pemandnaganya sangat menyejukan mata bagi setiap pengunjungnya. 

Gunung Dempo mejadi salah satu Gunung tertinggi ketiga yang ada di Pulau Sumatera. Bahkan paling tinggi di Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Woow, Jejak Atlantis Di Kepulauan Jawa, Peradaan Negeri Yang Hilang Itu Situs Gunung Padang Buktinya


gunung dempo-pidi-pagaralampos.com 


Gunung Dempo, hingga saat ini masih merupkan Gunung api  yang sangat  aktif dan bahkan beberap abulan terkahir ini berad adi Level 2 atau Waspada.

Menurut ahli geologi Gunung Dempo merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia, dan bahkan setiap tahun selalu terjadi aktivitas.

BACA JUGA:Atlantis Itu Fiksi Atau Fakta? Sang Peradaban Sejarah Kuno yang Berhubungan Dengan Tanah Air Indonesia?

Namun harus diakui, pesona alam yang ada di Gunung Dempo yang memiliki ketinggian 3.159 Mdpl ini sangat  menyejukan mata setiap orang yang datang ke tanah Besemah ini. 

Gunung Dempo mejadi gunung tertinggi di Sumsel, namun di pulau Sumatera kalah denagn Gunung Kerinci yang ada i Provinsi Jambi tingginya.. 

Gunung Dempo, hingga saat ini masih memiliki status aktif. dan menurut ahli geologi Gunung Dempo merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. 

Nah, sejarah mencatat gunung api yang dibalut dengan kebun Teh hijau ini sudah 7 kali meletus.

BACA JUGA:Benarkah 3 Pendekar Sakti ini Hilang Dikarenakan Telah Mencapai Moksa? Siapa Sajakah Mereka?


Kota Pagar Alam di kaki Gunung Dempo-pidi-pagaralampos.com

Berikut peristiwa letusan Gunung Dempo :   

1. Tahun 1818

Gunung Dempo pertama kali meletus pada tahun 1818, dimana akibat letusannya puncak Gunung Dempo menjadi gundul dan sebagian hutan yang ada habis terbakar. 

Namun, sayangnya untuk tanggal dan bulan kapan pastinya Gunung Dempo meletus masih belum bisa dipastikan, dan tidak tercatat dengan baik.

2. Tahun 1839

Gunung Dempo, Pagaralam juga pernah meletus pada tahun 1839.

Masyarakat Kota Pagaralam menceritakan, bahwa letusan pada tahun 1839 ini terdengar gemuruh yang sangat keras dan api menyala di puncak gunung.

Letusan Gunung Dempo pada tahun 1839 atau 21 tahun setelah letusan pertama mengakibatkan kerusakan pada hutan yang lebih parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: