Tak Kalah Indah! di Indonesia Ternyata Masih Ada Gunung Yang Jarang Didaki, Gunung Apakah Itu?

Tak Kalah Indah! di Indonesia Ternyata Masih Ada Gunung Yang Jarang Didaki, Gunung Apakah Itu?

Tak Kalah Indah! di Indonesia Ternyata Masih Ada Gunung Yang Jarang Didaki, Gunung Apakah Itu?--Instagram

Gunung Masurai yang memiliki ketinggian 2.933 mdpl merupakan gunung vulkanik yang sampai saat ini masih menunjukkan aktivitas vulkaniknya.

Perjalanan dimulai dari Desa Sungai Lalang, yang berada di tengah-tengah antara Gunung Masurai dengan Gunung Nilo di ketinggian 1.416 mdpl.

Perjalanan menyusuri desa memiliki kontur yang cenderung landai, kemudian memasuki jalan setapak yang sebagian sudah dibeton dan sebagian lagi masih berupa jalan tanah sampai dengan batas antara kebun dengan hutan kaki Gunung Masurai.

BACA JUGA:Memiliki Garis Keturunan Tionghoa! Tak Disangka Ternyata Suku Ini Berada di Sumatera, Apa Saja Suku Itu?

Vegetasi sepanjang perjalanan dari Camp 1 sampai puncak utama Gunung Masurai didominasi oleh tanaman khas ketinggian, yaitu pohon Cantigi, dan hampir semua pohon-pohon di jalur ini diselimuti oleh lumut yang sangat hijau dengan tingkat kelembaban tinggi, sehingga tanah yang ekspeditor pijak pun hampir menyerupai lumpur.

4. Gunung Tambusisi

Gunung Tambusisi memiliki ketinggian 2.422 mdpl secara administratif terletak di desa Tambayoli Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Seperti karakteristik gunung di Sulawesi yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.000 mdpl, Gunung Tambusisi yang memiliki ketinggian 2.422 mdpl memiliki hutan heterogen yang lebih luas daripada hutan homogennya.

BACA JUGA:Mengenal Suku Batak, Jejak Sejarah dan Kekayaan Budaya Mereka yang Menakjubkan

Jalur pendakian dimulai dari Desa Tambayoli, Kecamatan Soyojaya, Kabupaten Morowali Utara, yang terletak di sebelah selatan Gunung Tambusisi menggunakan perahu kayu, membelah Teluk Tomori.

Di beberapa titik, ekspeditor disuguhi dengan pemandangan rumah khas masyarakat adat Suku Taa yang tersusun rapi, dan melewati jalur dengan vegetasi yang bervariasi, dari savanna, cemara gunung, belukar bambu, semak, pakis hutan hingga balutan lumut.

5. Gunung Mekongga

Gunung Mekongga merupakan gunung tertinggi di pegunungan Mekongga dengan ketinggian 2.620 mdpl yang membentang di sisi utara wilayah Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kawasan pegunungan ini merupakan jajaran Pegunungan Verbeck yang puncak-puncaknya terdiri dari jenis batuan karst dataran tinggi.

BACA JUGA:Legenda Aji Saka Sosok Pembawa Peradaban ke Tanah Jawa, Kesaktiannya Lebih Mandraguna Dari 3 Pendekar Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: