3 Fakta Pula Papua Yang Harus Anda ketahui!

3 Fakta Pula Papua Yang Harus Anda ketahui!

tradisi Suku di indonesia--

PAGARALAMPOS.COM - Miliki Kekuatan Gaib dan Mistis, Ini 3 Fakta Suku yang ada di Provinsi Papua Indonesia.

Seperti yang sudah  banyak diketahui oleh masyarakat umum, Pulau Papua merupakan pulau paling timur di Indonesia.

Pulau ini terkenal dengan kekayaan akan sumber daya alam seperti mineral, gas, serta minyak.

Tak hanya itu, ternyata di pulau Papua ini juga mempunyai Kepulauan Raja Ampat yang sangat indah pemandanganya dan dikagumi oleh para turis asing yuang pernah mendatanginya..

BACA JUGA:Ternyata Raja Ini Yang Disegani Gajah Mada, Sehingga Kerajaannya Ratusan Tahun Tak Mampu Ditaklukkan Majapahit

Kepulauan ini populer di kalangan para pelancong lokal maupun mancanegara karena keindahan bawah lautnya, yang tiada duanya di dunia.

Bahkan menurut beberapa penyelam Raja Ampat adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, dan wajib dikunjungi bagi mereka pecinta alam liar khusunya pecinta keindahan bawah laut..

Rupanya selain dikenal dengan kekayaan alam dan Raja Ampat, Papua masih memiliki sederet hal yang unik untuk ditelusuri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 3 fakta menarik dari Pulau Papua yang harus anda ketahui:

BACA JUGA:Misteri Keberhasilan Kerajaan Pajajaran Menahan Penaklukan Militer Majapahit

1. Satu-satunya daerah bersalju di Indonesia

Ternyata Pulau Papua satu-satunya di Indonesia yang memiliki salju, diman salju ini berada di puncak Gunung Jayawijaya yang terdapat daerah yang bersalju..

Fenomena ini disebabkan oleh ketinggian puncak yang tergolong tinggi yakni hingga 4.884 mdpl, dan merupkan salah satu puncak tertinggi di Dunia.

Ketinggian puncak membuat suhu di sana sangat dingin, dan menciptkan salju abadi yang tidak pernah mencair meskupun musim panas.

BACA JUGA:Lenyap Seketika! 3 Pendekar Sakti di Pulau Jawa Ini Belum Diketahui Keberadaannya Hingga Sekarang

Bahkan setiap ketinggian 100 meter temperatur akan turun 1 derajat dan membuat para pendaki harus menggunkan tabung oksigen jika ingin mencapai puncak jaya atau puncak tertinngi dari Pegunungan Jayawijaya di Provinis Papua..

2. Terdapat 268 bahasa daerah

Nah ini fakta unik lainnya, ternyata di papua memiliki banyak bahasa dan setiap daerah memiliki ciri jhas masing-masing dan tidak sama cara melapazkanya.

Alasan banyaknya bahasa daerah di Papua antara lain yaitu adanya kolonialisme, interaksi dengan suku lain di sekitar dan sesama orang Papua, serta kegiatan non-ilmiah lainnya.

Bahasa daerah yang terdapat di Papua antara lain Bahasa Abinomn, Bahasa Asmat, Bahasa Baham, Bahasa Citak, Bahasa Dani, dan Bahasa Mekwei.

BACA JUGA:Lakukan Moksa? Pendekar Sakti Jawa Ini Hilang Tanpa Jejak

3. Gua dengan kedalaman lebih dari 1.000 meter

Di Papu juga ditemukan Gua yang sangat dalam dan menjadi obek penelitian bagi para ilmuan.

Gua yang berlokasi di kawasan Pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari ini ditemukan oleh tim ekspedisi dari Prancis.

Kedalaman gua tersebut diperkirakan mencapai 2.000 meter.

Sebanarnya masing banyak yang bisa mimin bagi tentang Papua, namun akan mimin ceritakan di artekil lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: