Kejayahan dan Kehebatan Majapahit Tak Bisa Menundukkan Kerajjan Kecil Ini. Kok Bisa?

Kejayahan dan Kehebatan Majapahit Tak Bisa Menundukkan Kerajjan Kecil Ini. Kok Bisa?

Kejayahan dan Kehebatan Majapahit Tak Bisa Menundukkan Kerajjan Kecil Ini. Kok Bisa?--Ilustrasi_net

PAGARALAMPOS.COM - Sejarah menuliskan bagaimana kejayaan dan kehebatan kerajaan Majapahit yang sangat diakui seantero dunia pada jamannya.

Bahkan konon katanya kekaisaran China pun takut.

Namun meskipun begitu, Majapahit tidak pernah bisa menaklukkan Pajajaran.

Siapa yang tidak mengenal Mahapati Gajah Mada?

BACA JUGA:Strategi Peranganya Terlalu Sulit Dibaca. Inikah yang Menyebabkan Pajajaran Tak Bisa Ditundukkan Majapahit?

Tapi anehnya Meskipun Pajajaran tidak bisa ditaklukan oleh Majapahit kerajaan ini hilang akibat diserang oleh Kesultanan Banten.

Inilah penyebab utama runtuhnya Kerajaan Pajajaran, akibat  adanya serangan dari kerajaan Sunda yang lain-nya, yaitu Kesultanan Banten.

Inilah penyebab utama runtuhnya Kerajaan Pajajaran, akibat  adanya serangan dari kerajaan Sunda yang lain-nya, yaitu Kesultanan Banten.

 
Kerajaan Pajajaran dikenal juga dengan nama lain yakni, Kerajaan Sunda atau Negeri Sunda atau disebut Pasundan.
 
Letak kerajaan ini di masa lampau bukanlah terletak di Bandung yang kini menjadi Ibu Kota Jawa Barat, melainkan di Pakuan atau saat ini Bogor.

Tapi harus diketahui, Bukanya Majapahit tidak pernah menyerang Padjadjaran tapi dari catatan sejarah Majapahit pernah menyarang Padjadjaran habis-habisan.

Tragedi perang ini dikenal dikalangan sejarawan adalah tragedi perang Bubat yang sampai saat ini menjadi catatan hitam hubungan Majapahit dan Pajajaran.

Kedua kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara ini pernah bertarung karena ambisi Gajah Mada.

 
Kembali keruntuhnya Pajajaran, hal ini dikarenakan dorongan Kesultanan Banten untuk menyerang Kerajaan Pajajaran adalah karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan wilayah Kerajaan Pajajaran.
 
Di mana keduanya memiliki perbedaan pandangan serta kepercayaan, sehingga terjadi penyerbuan oleh kesultanan BAnten terhadap Pajajaran dan membuat kerjaan ini takluk terhadap Kesultanan Banten.
 

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Kerajaan Majapahit terletak dan berpusat di Jawa Timur, dan dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Dalam catatan sejarah, Majapahit hampir menguasi seluruh daerah Nusantara pada masa itu.

Pendiri Majapahit, Raden Wijaya pada tahun 1293, yang merupakan menantu dari Kertanegara, raja terakhir Singasari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: