Bagian dari Warisan Indonesia, Menelusuri Perjalanan 4 Suku di Sumsel yang Keturunan Tionghoa

Bagian dari Warisan Indonesia, Menelusuri Perjalanan 4 Suku di Sumsel yang Keturunan Tionghoa

Suku Sumsel Ini Keturunan Orang Cina-tangkapan layar-Kompasiana.com

PAGARALAMPOS.COM - Suku-Suku yang tinggal di Provinsi Sumatera Selatan (sumsel) memiliki latar belakang yang menarik sehubungan dengan sejarah dan keberagaman budaya

Salah satu suku yang menonjol di wilayah ini adalah suku Palembang, yang terbentuk dari perpaduan beberapa suku seperti Arab, Cina, Jawa, dan suku-suku lainnya.

Ketika orang-orang Tionghoa datang ke Palembang, mereka memilih untuk menetap di sepanjang Sungai Mus. 

Keputusan ini kemudian menyebabkan terjadinya percampuran antara penduduk lokal dengan orang-orang Tionghoa melalui perkawinan campuran.

BACA JUGA:Misteri Gunung Lawu, Keajaiban Spiritual di Puncak yang Dipenuhi Makam

Akibatnya, suku Palembang didominasi oleh keturunan Tionghoa.  

Kehadiran keturunan Tionghoa dalam suku Palembang menambah kekayaan budaya dan sejarah provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, etnis hingga suku yang berbeda-beda.

Luas wilayah tersebut dihuni dengan jumlah populasi penduduk yang cukup besar, yaitu mencapai 8.551 jiwa per tahun 2021.

BACA JUGA:Menemukan Akar Budaya Tionghoa di Suku Sumatera Selatan, Mengenal 4 Nama Suku yang Menyimpan Sejarah

Suku yang ada di provinsi Sumatera Selatan juga banyak seperti, Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau dan masih banyak suku lainnya.

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

Bukti bahwa Majapahit memang sebuah kerajaan yang besar, banya sumber yang menggambarkan hingga memberikan data akan wilayah kekuasaan Majapahit.

Berdasarkan peta wilayahnya, adalah satu wilayah yang memiliki suku dari keturunan Majapahit dan masih ada hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: