Gegara Perang Rusia-Ukraina, Israel Ekspor Tank Merkava Ke Eropa

Gegara Perang Rusia-Ukraina, Israel Ekspor Tank Merkava Ke Eropa

PAGARALAMPOS.COM - Sektor industri pertahanan Israel semakin dilirik dunia. Terbaru, Main Battle Tank (MBT) andalan negara Zionis Yahudi itu, Merkava, dieksport untuk pertama kalinya ke salah satu negara Eropa.

Tak disebutkan negara mana, tetapi klue-nya adalah negara tersebut tengah dalam kondisi kekurangan tank akibat dukungan besar-besaran ke Ukraina dalam upaya perang melawan Rusia.

Saat ini, tahapannya sudah mencapai negosiasi final sebelum kedua belah pihak menyepakati kontrak, termasuk nilai transaksi dan unit pembelian.

Selain itu, ada lagi satu negara lainnya di luar Eropa yang juga akan mendapatkan tambahan kekuatan alutsista dari Merkava.

BACA JUGA:Tank Leopard 2RI, Mesin Perang Canggih Disebut Predator

“Ada dua negara prospektif yang sedang kami negosiasikan (tentang penjualan tank). Saya dilarang menyebutkan nama mereka, tapi ada satu di benua Eropa,” Yair Kulas, kepala departemen koordinasi ekspor Kementerian Pertahanan SIBAT Israel, seperti dikutip dari The Jerussalem Post.

Dari sisi bisnis, konflik Rusia-Ukraina bisa dibilang menguntungkan bagi industri pertahanan Israel.

Selama ini, beberapa produk pertahanan Israel memang tidak diperkenankan ekspor sekalipun mengalami surplus produksi.

Akan tetapi, konflik berkepanjangan Rusia-Ukraina mengubah hal itu. Banyak negara yang ingin memperkuat kembali alutsista mereka.

BACA JUGA:Harimau Medium Tank Pindad Ternyata Dilirik Mancanegara, Telah Diorder 18 Unit

Tak heran bila Israel belakangan kebanjiran permintaan pesanan proudk alutsista dan mencapai rekor pesanan.

Pasca menderita kerugian besar pasca perang melawan Mesir dan Suriah pada tahun 1973 silam, Israel bertekad untuk tidak ketergantungan dengan alutsista buatan asing.

Sejak saat itu, deretan alutsista pun berhasil dibuat, salah satunya Merkava yang saat ini sudah melahirkan generasi keempat atau empat varian yang menandai evolusi panjang Main Battle Tank (MBT) kelas dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: