Suku Cina Di Palembang, Akibat Hubungan Masa Lampau?

Suku Cina Di Palembang, Akibat Hubungan Masa Lampau?

Mengungkap Jejak Budaya Tionghoa di Suku Sumatera Selatan, Mengenal 4 Suku dengan Warisan Sejarah yang Menarik--Instagram

PAGARALAMPOS.COM - Orang China salah satu suku yang ada di suku Palembang akibat Kawin Campur ternyata sudah datang ke Palembang sejak abad pertenghan. 

Masyarakat Tionghoa/Cina yang ada di Palembang umumnya asal usul mereka sama saja dengan orang-orang Tionghoa yang ada dan tersebar diseluruh nusantara.

Hal ini disebabkan adanya hubungan dengan negeri Cina pada masa lampau, baik yang berupa hubungan Dagang, Politik. maupun adanya Migrasi secara besar besaran. 

BACA JUGA:Suku Palembang Salah Satu Suku di Sumsel Yang Banyak Keturunan China, Benarkah?

Hal-hal yang mendorong terjadinya migrasi orang orang Tionghoa ke Nusantara antara lain:

1. Sebagian besar masyarakat Tionghoa di negeri Cina bagian Selatan tidak mau mengakui pemerintahan Khubllai Khan dari bangsa Mongol (Dinasti Mancu) yang berhasil menguasal negeri Cina.

2. Sering terjadi kerusuhan, terutama selama masa perpindahan kekuasaan Dinasti Ming ke Dinasti Manchu.

3. Faktor kesulitan ekonomi, kemiskinan yang di derita sebagian besar rakyat Cina, sehingga mereka berusaha untuk mendapatkan penghidupan yang layak.

4. Terjadinya Perang Candu pada tahun 1850-1860.

BACA JUGA:Pajajaran Kerajaan Yang Sulit Ditaklukan Majapahit, Selama Ratusan Tahun!

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi migrasi orang-orang Tionghoa ke Nusantara dan Palembang khususnya akibat sering terjadinya kerusuhan di negeri Cina.

Orang-orang Tionghoa yang ada di Indonesia berasal dari berbagai kelompok suku bangsa di Negeri Cina. 

Begitu pula dengan masyarakat Tionghoa yang ada di Palembang yang berasal dari beberapa propinsi di Cina antara lain propinsi Kwantung, Fukien, dan Kanton. 

Orang Tionghoa yang berasal dari propinsi Kwantung adalah suku bangsa Teo-Chiu dan Hakka yang tinggal di daerah pantai selatan Cina dan daerah pedalaman Swatow bagian timur.

Sedangkan yang berasal dari propinsi Fukien ialah suku bangsa Hokkien, dan yang berasal dari propinsi Kanton ialah suku bangsa Kwong Fu yang tinggal di daerah sebelah barat dan selatan dari propinsi Kwantung.

BACA JUGA:Akulturasi kebudayaan China di Palembang, Apakah Ini Awal Keturunan China Banyak di Sumsel?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: