Bukan Main! Tak Tertaklukan Majapahit Ternyata Kesultanan ini yang Mampu Runtuhkan Kerajaan Padjajaran

Bukan Main! Tak Tertaklukan Majapahit Ternyata Kesultanan ini yang Mampu Runtuhkan Kerajaan Padjajaran

Bukan Main! Tak Tertaklukan Majapahit Ternyata Kesultanan ini yang Mampu Runtuhkan Kerajaan Padjajaran-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan bercorak Hindu di Jawa Barat yang beribukota Pakuan (sekarang menjadi Bogor). 

Pada masa jayanya, kerajaan yang berdiri pada tahun 923 Masehi ini adalah kerajaan yang kuat.

Seperti kerajaan-kerajaan legendaris lainnya di Indonesia, Kerajaan Pajajaran ini juga punya sejarah panjang, mulai dari terbentuknya kerajaan ini sampai keruntuhan dan peninggalan yang masih tersisa. 

Semua itu akan GNFI bahas satu per satu di artikel kali ini.

Kembali keruntuhnya Pajajaran, hal ini dikarenakan dorongan Kesultanan Banten untuk menyerang Kerajaan Pajajaran adalah karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan wilayah Kerajaan Pajajaran.

BACA JUGA:Suku Sumatera Selatan Ternyata Keturunan Tionghoa! Ini 4 Nama Suku Tersebut!

Di mana keduanya memiliki perbedaan pandangan serta kepercayaan, sehingga terjadi penyerbuan oleh kesultanan BAnten terhadap Pajajaran dan membuat kerjaan ini takluk terhadap Kesultanan Banten.

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Kerajaan Majapahit terletak dan berpusat di Jawa Timur, dan dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Dalam catatan sejarah, Majapahit hampir menguasi seluruh daerah Nusantara pada masa itu.

Pendiri Majapahit, Raden Wijaya pada tahun 1293, yang merupakan menantu dari Kertanegara, raja terakhir Singasari.

BACA JUGA:Majapahit Tidak Mampu Menaklukan Pajajaran, Tapi Kesultanan Ini Bisa, Simak Ceritanya!

Kerajaan Majapahit tidak terlepas dari Kerajaan Singasari. Raden Wijaya merupakan menantu Kertanegara, raja Kerajaan Singasari. Pada tahun 1292 M, terjadi pemberontakan di Singasari yang dilakukan oleh Jayakatwang yang menyebabkan runtuhnya Singasari.

Pada waktu itu Raden Wijaya melarikan diri bersama Arya Wiraraja. Raden Wijaya kemudian mendiami sebuah hutan di Trowulan yang merupakan tanah sima pada masa Kerajaan Singasari. Wilayah ini kemudian dinamakan Majapahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: