Menegangkan! Ternyata Prabu Brawijaya Beri Sumpah Di Puncak Lawu, Ada Apa?

Menegangkan! Ternyata Prabu Brawijaya Beri Sumpah Di Puncak Lawu, Ada Apa?

Menegangkan! Ternyata Prabu Brawijaya Beri Sumpah Di Puncak Lawu, Ada Apa?-Foto : Net-

PAGARALAMPOS.COM – Gunung Lawu yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jawa Barat) dan Mageta, Jawa Timur (Jawa Timur).

Berdasarkan sejarah yang berkembang di masyarakat, Gunung Lawu dulunya merupakan pertapaan Brawijaya, raja terakhir Majapahit. 

Di pertapaannya, Brawijaya tidak sendirian. Di akhir hayatnya, Brawijaya didampingi para abdi dalem setianya, Sabdo Palon dan Noyo Genggong. 

Gunung Lawu dikeramatkan karena menjadi tempat pelarian Prabu Brawijaya dari kejaran anaknya, Raden Patah. Di sana, terdapat batu nisan yang dipercaya merupakan petilasan Prabu Brawijaya, yang oleh penduduk sekitar disebut Sunan Lawu.

BACA JUGA:Benarkah Sumpah Prabu Brawijaya di Puncak Gunung Lawu Karena Kesal dan Marah? Begini Ceritanya!

Brawijaya tidak hanya terhindar dari penganiayaan terhadap anaknya, tetapi juga terhindar dari penganiayaan oleh para prajurit Adipati Cepu (Adipati Cepu) yang menyimpan dendam kepada Raja Brawijaya. Apalagi ketika Majapahit mulai runtuh, Adipati Cepu berani melawan Brawijaya.

Karena itu, Prabu Brawijaya berlari ke puncak Gunung Lawu di padang pasir. Prabu Brawijaya yang kecewa dan terluka oleh prajurit Adipati Cepu, pernah bersumpah di Gunung Lawu. Sumpah tersebut antara lain melarang warga Cepu dan keturunan Adipati Cepu untuk mendaki puncak gunung tersebut. Jika Anda putus, dia pasti akan terluka. 

Lalu sumpah Prabu Brawijaya V ini sampai sekarang tuahnya masih diikuti oleh orang-orang dari daerah Cepu terutama keturunan Adipati Cepu yang ingin mendaki ke Gunung Lawu, mereka masih merasa takut jika melanggarnya.

Seringkali kisah mistis ini menjadi magnet, menarik pengunjung ke tempat di mana kisah itu dimulai.

BACA JUGA:Tak Sanggup Taklukan Kerajaan Ini, Ini Alasan Kerajaan Majapahit!

Kisah mistis Gunung Law, salah satunya. Banyak orang mengunjungi tempat ini tidak hanya karena pemandangan alamnya yang indah tetapi juga karena sejarah mistisnya.

Konon Gunung Lawu dikutuk oleh Raja Brawijaya. Bagaimana Kisahnya? 

Gunung Lawu, gunung yang berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menjadi daya tarik yang unik dan menarik bagi pecinta petualangan dan spiritualitas.

Selain pemandangan alamnya yang menakjubkan, Gunung Lawu juga dikenal dengan banyaknya makam di puncaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: