Benerkah, Majapahit Kerajaan Maritim Pertama di Nusantara?

Benerkah, Majapahit Kerajaan Maritim Pertama di Nusantara?

Foto : Relief kapal Jung pada dinding Candi Borobudur yang berdiri sejak abad ke 7 SM.--Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Maritim, Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah berkenaan dengan laut atau berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut.

Sehingga, pengertian kerajaan maritim merujuk pada kerajaan-kerajaan yang ekonominya bergantung pada perlayaran dan perdagangan.

Adapun ciri-ciri kerajaan maritim adalah letaknya di lembah sungai atau pesisir pantai dan kegiatan ekonominya berasaskan perdagangan serta kelautan.

Di Indonesia, banyak kerajaan Hindu-Buddha yang bercorak maritim karena sepertiga wilayah Nusantara sendiri memang terdiri dari bentangan perairan, mulai dari laut, danau, dan sungai. 

BACA JUGA:Ternyata Kapal Perang Raksasa Militer Majapahit Bernama Ini!

Apakah Kerajaan Majapahit merupakan salah satu Kerajaan Maritim pertama di Nusantara perlu ada kajian yang mendalam oleh parah ahli sejarah Indoneisa.

Yang Pasti Kerajaam Majapahit  mengusai Nusantara pada abad Pertengahan dan memiliki Militer yang sangat kuat dan ditakuti kerajaan-kerajaan lain di Dunia.

Militer Majapahit ini, tidak hanya jago dalam perang di daratan tapi juga ternyata memiliki Armada Laut yang sangat kuat dengan kapal perang yang sangat modren di Zamanya.

Apakah sama dengan Kapal perang Dewa Ruci yang dimiliki Angkatan Laut Republik Indonesia saat ini.

BACA JUGA:Kapal Jung, Konon Pemersatu Nusantara, Benarkah

Ternyata Kerajaan maritim pertama yang muncul di Indonesia adalah Kerajaan Kutai, yang berdiri pada abad ke-4.

Letak kerajaan ini berada di daerah Muarakaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Kerajaan Kutai mencapai puncak keemasan pada masa Raja Mulawarman.

Di bawah pemerintahan Raja Mulawarman pula, Kutai diperkirakan menjadi tempat singgah jalur perdagangan internasional yang menghubungkan Selat Makassar, Filipina, dan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: