Bukan 12 Tapi Ada 28 Suku di Sumatera Selatan, Simak disini!

Bukan 12 Tapi Ada 28 Suku di Sumatera Selatan, Simak disini!

Bukan 12 Tapi Ada 28 Suku di Sumatera Selatan, Simak disini!-tangkapan layar-jambiindependent

PAGARALAMPOS.COM - Diketahui sebelumnya bahwa ada 12 suku di sumatera selatan, tapi kali ini ternyata Ada 28 suku tersebar di Provinsi Sumsel.

Jika Berbicara soal suku, etnik, adat budaya termasuk bagian dari kekayaan non benda bagi masyarakat khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Provinsi dengan slogan Bersatu Teguh ini adalah daerah lama yang asal muasal suku adatnya tidak lepas dari masa Kerajaan Sriwijaya abad ke-7 hingga abad ke-12

Yang Dimana Masyarakatnya terus turun temurun hingga wilayah ini diambil alih oleh Kerajaan Majapahit hingga abad ke-14.

BACA JUGA:Satu Dari 5 Suku di Sulawesi Utara, Ternyata Begini Sejarah Terbentuknya Kerajaan Bolaang!

Dan dahulu kala Begitu juga setelah masa kerajaan Majapahit, sempat menjadi daerah tanpa tuan, sampai ke berdirinya Kesultanan Darussalam abad ke-17, kehidupan masyarakat tumbuh dan berkembang.

Sampai akhirnya masuk Kolonial Belanda dan Jepang, suku, adat, dan budaya makin tertancap di tengah masyarakat.

Kemerdekaan yang diproklamirkan Indonesia tahun 1945 menjadi tonggak awal masyarakatnya memunculkan kembali dan mempertahankan suku, adat, dan budaya.

Hingga masa pemerintahan Gubernur Sumsel Herman Deru saat ini, berbagai upaya terus dilakukan untuk melestarikan atau menjaga suku, adat, dan budaya di Sumsel khususnya.

BACA JUGA:Waduh! Ternyata Ada 28 Suku di Sumatera Selatan? Ini Daftarnya!

Diolah Pagaralampos.com dari berbagai sumber, dari sisi suku saja, ada 28 suku yang keberadaanya tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

Berikut inilah daftar nama 28 Suku di Sumsel:

1. Melayu (Melayu Palembang dan Banyuasin-Pesisir) 

2. Gumai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: