Ikuti 3 Tips Efektif ini untuk Redakan Nyeri Haid

Ikuti 3 Tips Efektif ini untuk Redakan Nyeri Haid

Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Ampuh dan Efektif-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Nyeri haid, di dalam dunia medis disebut dismenore adalah keluhan umum yang kerap dialami wanita saat haid. Nyeri biasanya muncul pada awal masa menstruasi, tepatnya di perut bagian bawah.

Nyeri bisa terasa ringan dan tidak mengganggu, hingga terasa berat dan tidak tertahankan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selama menstruasi, rahim akan berkontraksi sehingga membantu pengeluaran lapisan. Ada zat kimia prostaglandin yang membuat rasa sakit dan memicu kontraksi otot rahim.

Jumlah prostaglandin yang tinggi bisa menyebabkan nyeri haid berlebih.

BACA JUGA:Haid Kurang Lancar? Konsumsi Makanan ini Cara Efektifnya

Selama menstruasi, rahim akan berkontraksi sehingga membantu pengeluaran lapisan. Ada zat kimia prostaglandin yang membuat rasa sakit dan memicu kontraksi otot rahim. Jumlah prostaglandin yang tinggi bisa menyebabkan nyeri haid berlebih.

Berikut ini ada beberapa metode yang efektif untuk mengatasi nyeri saat haid. Berikut ini beberapa cara tersebut:

1. Terapi Hormon

Terapi hormon juga dapat efektif untuk menghilangkan rasa tidak nyaman yang timbul saat menstruasi. Contohnya, pil KB yang mengandung hormon untuk mencegah ovulasi dan mengurangi tingkat keparahan dari nyeri saat menstruasi.

Hormon ini juga dapat diberikan melalui suntikan dan cara lainnya agar masalah yang timbul setiap siklus bulanan tersebut terjadi tidak muncul lagi.

BACA JUGA:Hindari Kopi Saat Haid! Ini 5 Alasannya

2. Konsumsi NSAID saat Nyeri Terasa

NSAID, seperti aspirin dan ibuprofen dapat efektif untuk menghentikan proses inflamasi yang menimbulkan kram dan rasa nyeri.

Obat ini berfungsi untuk meredam pelepasan prostaglandin, sehingga rasa sakit tidak muncul. Kamu dapat mengonsumsinya 12 jam sebelum perasaan kram tersebut muncul agar aktivitas harian tidak terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: