Pemprov Sumsel Harap BLUD Bisa Menyentuh Pasar

Pemprov Sumsel Harap BLUD Bisa Menyentuh Pasar

Pemprov Sumsel Harap BLUD Bisa Menyentuh Pasar--istimewa

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) berharap penerapan sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dapat diperluas ke layanan lainnya, salah satunya seperti layanan pasar di daerah tersebut.

Sekretaris daerah (Sekda) Sumsel Supriono mengatakan, BLUD di Sumsel sendiri telah berjalan di beberapa layanan,  seperti bidang kesehatan. 

"Layanan yang sudah menerapkan BLUD itu seperti Rumah Sakit Mata, Rumah Sakit Gigi Mulut, Rumah Sakit Siti Fatimah, Rumah Sakit Ernaldi Bahar, Laboratorium dan Balai Diklat," kata Supriono, Sabtu (3/6/2023).

Dia menjelaskan, pengembangan untuk menyentuh layanan lainnya ini tidak lepas dari manfaat penerapan BLUD yang dapat menekan anggaran operasional

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Segera Alokasikan Anggaran Perbaikan Sejumlah Ruas Jalan Rusak di Kabupaten OKI

Meski begitu, imbuh Supriono, melalui BLUD ini tidak berarti menghentikan aliran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Kecuali dia bentukanya perusahaan, jadinya penyertaan modal. Inikan asetnya tetap pemerintah daerah, tapi dikelola secara professional sehingga layanannya lebih maksimal dan operasionalnya dapat dari situ," jelasnya.

Dia menambahkan, sementara ini pihaknya belum bisa menargetkan jumlah layanan publik yang akan menggunakan BLUD itu.

Namun, menurutnya, tidak semua layanan bisa langsung menerapkan BLUD tersebut. 

"Proses layanan itu masuk BLUD tidak lama, tapi perlu kita lihat dulu layanan itu mengarahya kemana. Kalau kita BLUD semua tapi tidak mengarah ke layanan minimalnya, ngapain kita dirikan," tegas supriono.

BACA JUGA:Innalilahi.. Sekdin Perkim Provinsi Sumsel Wafat Usai Ikuti Pembukaan Turnamen Piala Gubernur

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Setda Sumsel Hengky Putrawan menambahkan, selain mengembangkan penerapan BLUD, pihaknya juga terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk pemahaman BLUD tersebut. 

"Ini kan masih baru jadi memang kita juga mengembangkan dan meningkatan SDM agar bisa mencapai layanan prima," katanya. 

Hengky menyebutkan penerapan BLUD ini juga telah memberikan kontribusi yang positif untuk beberapa layanan di Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: